Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah

Kompas.com - 28/03/2021, 07:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 masih berjalan. Bagi yang belum mendaftar maka harus segera melakukan pendaftaran.

Tak hanya bagi siswa kelas 12 saja, tetapi ini juga bisa dilakukan bagi lulusan SLTA tahun-tahun sebelumnya yang ingin kuliah di perguruan tinggi.

Jadi, melanjutkan kuliah bisa di perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS). Semua tergantung dari keinginan calon mahasiswa.

Meski demikian, hal yang paling penting ialah kamu harus menentukan jurusan kuliah apa yang akan diambil. Apa yang paling cocok dengan dirimu.

Baca juga: Ini Tips Pilih Jurusan Kuliah dari Akademisi Unpad

Agar tak salah pilih jurusan kuliah, maka kamu harus tahu 7 tips pilih jurusan kuliah yang cocok denganmu. Info dirangkum dari laman Universitas Pasundan (Unpas) mengenai
bagaimana cara memilih jurusan kuliah agar tidak salah.

1. Mengenal potensi diri

Hal paling utama ialah kamu harus mengenali dulu potensi diri. Ini dilakukan sebelum kamu memutuskan ambil jurusan kuliah tertentu.

Misalnya jika kamu punya potensi di bidang Sains dan Matematika, tentu jurusan yang ada hubungannya dengan hal ini lebih didahulukan. Ada jurusan Statistika atau Pendidikan Dokter.

Tapi sebaliknya, kalau kamu memiliki potensi di bidang Bahasa Asing dan Sastra, jurusan Sastra Inggris atau bahasa lain bisa diambil sesuai dengan kemampuan.

Beberapa orang mungkin bisa dengan mudah mengambil jurusan dari IPA dan IPS. Namun, alangkah lebih baik kalau jurusan yang diambil didasari dari kemampuan diri sendiri. Dengan begitu aktivitas kuliah yang nantinya akan diambil tidak memberatkan.

2. Sesuaikan passion

Memilih jurusan kuliah juga harus sesuai passion atau hasrat. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang Sains, tapi ternyata minat dan keinginan berada di jurusan Bahasa karena memang menyukai sastra.

Karenanya, kamu bisa mengambil jurusan yang agak berseberangan dengan kemampuan. Tetapi semua harus dipikirkan dengan matang.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat, bahkan menjadi salah satu hobi.

Kalau passion sudah mengalahkan segalanya, belajar pun juga akan berjalan dengan penuh kegembiraan. Artinya, kamu akan enjoy kuliah di jurusan tersebut.

3. Sesuaikan biaya kuliah

Tips pilih jurusan kuliah selanjutnya ialah masalah biaya. Biasanya biaya kuliah, setiap jurusan berbeda-beda. Ada yang cukup mahal hingga ratusan juta rupiah dan ada yang kurang dari sepuluh juta rupiah.

Kalau kamu ingin kuliah di jurusan apa pun, pertimbangkan keuangan dari orang tua. Jangan sampai mengambil jurusan yang cukup mahal biaya pendidikannya, tapi orang tua tidak mampu membiayainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com