Kompas.com - 29/03/2021, 11:26 WIB
Segel tanah liat ini berasal dari Zaman Batu dan diduga mempunyai hubungan dengan keberadaan Raja Daud dan Salomo. University of Wisconsin/Nathaniel GreeneSegel tanah liat ini berasal dari Zaman Batu dan diduga mempunyai hubungan dengan keberadaan Raja Daud dan Salomo.
|

KOMPAS.com - Sebagian besar, siswa sekolah masih mengikuti pembelajaran daring. Meski demikian, banyak informasi bisa didapatkan dari berbagai sumber di internet.

Hanya saja, sumber itu harus dari yang tepercaya, salah satunya dari sumber resmi pemerintah. Seperti halnya Rumah Belajar Kemendikbud.

Bagi yang belajar mengenai sejarah, terlebih tentang zaman batu atau zaman pra sejarah, maka berikut ini penjelasan dari Rumah Belajar Kemendikbud.

Baca juga: Siswa, Ini Contoh Pengamalan Sila Ke-3 Pancasila

Melansir laman Rumah Belajar Kemendikbud, ini penjelasan berikut peninggalan zaman batu tua (Paleolithikum):

Zaman Batu Tua (Paleolithikum)

Zaman Batu Tua sering disebut sebagai zaman primer dan berlangsung selama 340 juta tahun. Makhluk hidup yang muncul pada zaman ini seperti:

  • mikro organisme
  • ikan ampibi
  • reptil
  • binatang yang tidak bertulang punggung

Pada zaman ini juga ditandai dengan masih kasarnya perkakas yang digunakan. Pembuatannya dilakukan dengan cara membenturkan batu satu dengan lainnya dan dipangkas sebelum digunakan.

Penduduknya pun masih berpindah-pindah/mengembara (nomaden). Berdasarkan tempat penemuannya kebudayaannya dibagi dua yaitu Kebudayaan Pacitan dan Ngandong.

Kebudayaan Pacitan

Kebudayaan Pacitan meliputi daerah hulu Sungai Madiun di pantai selatan Jawa Timur, selain itu kebudayaan yang sejenis dengan Kebudayaan Pacitan ditemukan pula di:

1. Lahat (Sumatra Selatan)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X