Kompas.com - 09/04/2021, 12:22 WIB
Ilustrasi kapak genggam Muséum de ToulouseIlustrasi kapak genggam
|

KOMPAS.com - Pembelajaran daring hingga kini masih diikuti oleh sebagian besar siswa sekolah. Selain dari guru, materi pelajaran juga bisa diperoleh dari berbagai sumber.

Salah satunya sumber resmi dari pemerintah. Seperti halnya Rumah Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Siswa sekolah yang saat ini belajar mengenai sejarah, secara khusus belajar zaman batu atau zaman pra sejarah, berikut ini penjelasan dari Rumah Belajar Kemendikbud.

Baca juga: Siswa, Yuk Belajar Zaman Batu Paleolithikum

Informasi dilansir dari laman Rumah Belajar Kemendikbud. Berikut ini hasil kebudayaan paleolitikum:

Hasil-hasil kebudayaan Pacitan

Kebudayaan Pacitan identik dengan kebudayaan zaman batu. Ini karena kebudayaan Pacitan merupakan bagian dari zaman paleolitikum yang mayoritas hasil kebudayaannya berupa batu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pola hidup masyarakat pada masa itu adalah berburu dan meramu pada tahap awal, dimana penguasaan manusia terhadap teknologi masih sangat sederhana dan berkaitan erat dengan kebutuhan dasar manusia pada saat itu.

Tujuan utama pembuatan alat-alat sekedar untuk mempermudah memperoleh bahan makanan yang menjadi kebutuhan pokok pada masa itu.

Oleh karena itu, alat-alat yang dibuat baik dari bahan batu, kayu, maupun tulang-tulang hewan masih sangat sederhana dalam bentuk maupun cara pembuatannya.

Tapi, kenapa dinamakan kebudayaan Pacitan? Ya, tentunya kamu masih ingat tentang peristiwa yang terjadi pada tahun 1935.

Terdapat tokoh yang bernama Von Koenigswald dan Tweedie menemukan dua ribu alat batu di Sungai Baksoko, Desa Punung, Pacitan , Jawa Timur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.