Kompas.com - 10/04/2021, 13:40 WIB
Makna dari lambang Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang ada di tiap seragam siswa. Tangkap layar laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan dan KebudayaanMakna dari lambang Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang ada di tiap seragam siswa.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bagi siswa Sekolah Menengah dan Atas, tentunya terdapat lambang Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di seragam sekolahnya.

Meski ada di seragam, tapi belum tentu semua siswa mengetahui arti gambar dan warna di lambang OSIS.

Sedikit informasi buat kamu, lambang OSIS diciptakan oleh Idik Sulaeman Nataatmadja, pada saat beliau menjabat di Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah Depdikbud RI sebagai Direktur Pembinaan Kesiswaan periode 24 November 1979 hingga 15 November 1983.

Dalam logo OSIS terdapat beberapa gambar. Ternyata tiap gambar itu mempunyai arti tersendiri lho.

Baca juga: Siswa, Pahami 6 Poin Ini Saat Uji Coba Belajar Tatap Muka di Jakarta

Arti gambar di lambang OSIS 

Bagi para siswa, ada baiknya kamu mengetahui arti dari tiap-tiap gambar yang ada di logo OSIS. Ini penjelasan makna di tiap gambar yang ada di lambang OSIS:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Bunga bintang

Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga melambangkan siswa sebagai generasi muda, dalam bentuk lima kelopak daun bunga yaitu abadi, adab, ajar, aktif dan amal.

2. Buku terbuka

Buku terbuka melambangkan belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara.

Baca juga: Duta Literasi: Ibu adalah Madrasah Pertama bagi Anak

3. Kunci pas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.