Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Ingin Jadi Pengusaha Muda? Ini 6 Tipsnya

Kompas.com - 11/04/2021, 17:24 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi membawa banyak keuntungan. Selain jadi media untuk pembelajaran daring, teknologi juga bisa digunakan untuk yang lain.

Terlebih adanya gawai berkoneksi internet dapat dipakai untuk memulai bisnis online. Bahkan bisnis bisa dilakukan di mana saja.

Tak terkecuali para mahasiswa yang masih kuliah juga bisa memulai bisnis sendiri. Dengan begitu, mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan dengan bisnisnya.

Tapi, memulai bisnis tidak bisa asal-asalan. Tentu ada tips-tipsnya bagi calon pengusaha muda. Apa itu?

Baca juga: Webinar UPN Jogja Bagikan 6 Tips Lolos Psikotes

Melansir laman UPN "Veteran" Yogyakarta (UPN Jogja), berikut ini disampaikan 6 tips bagi mahasiswa yang ingin memulai berbisnis.

"Jika kalian berminat untuk terjun ke dalam sebuah bisnis, pastikan memilih jenis bisnis yang paling tepat," ujar salah satu dosen UPN Jogja, Hani Subagio.

Harus tepat dan nyaman

Memilih bisnis yang tepat karena hal ini akan membuat mahasiswa lebih nyaman dan merasa lebih siap untuk terjun ke dunia bisnis itu sendiri.

Selama ini, menurut Hani masih adanya kurang pemahaman dan ketrampilan yang dimiliki mahasiswa dalam memulai sebuah usaha.

Dalam memulai suatu bisnis seringkali muncul banyak permasalahan terutama bagi pemula. Oleh karena itu, dalam merintis sebuah usaha tidak bisa sembarangan.

"Butuh suatu perencanaan dan strategi yang tepat agar bisnis yang dijalankan bisa sukses dan berjalan sesuai yang diharapkan," terangnya.

Disamping itu, bagi seorang mahasiswa, pengusaha yang melakukan bisnis harus pintar-pintar dalam membagi dan mengatur waktu yang ada.

Karena melakukan bisnis bagi mahasiswa pengusaha bukan berarti melupakan kegiatan utamanya sebagai mahasiswa yaitu menuntut ilmu.

Baca juga: Ini Jadwal Seleksi Mandiri UPN Jogja 2021

Tips bisnis pemula

6 tips bagi mahasiswa yang ingin memulai berbisnis:

1. Temukan passion

Ketika ide bisnis berasal dari hal-hal yang disukai seseorang, maka akan lebih fokus dan termotivasi untuk melakukan bisnis itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com