Kompas.com - 12/04/2021, 10:15 WIB
Definisi bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. 
shutterstock.comDefinisi bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.
|

KOMPAS.com - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) hingga kini masih banyak digelar oleh sekolah. Hal ini karena pandemi belum juga berakhir.

Bagi siswa sekolah yang ikut PJJ atau pembelajaran daring, maka harus tetap semangat dalam menuntut ilmu. Terlebih jika harus mencari sumber materi pelajaran.

Selain dari guru, materi pelajaran juga bisa dicari dari sumber yang jelas. Salah satunya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca juga: Siswa, Ini Hasil Kebudayaan Zaman Paleolitikum Berikut Fungsinya

Jika ada yang belajar mengenai bela negara, maka berikut ini dijelaskan apa yang dimaksud dengan bela negara serta contoh bela negara.

Pengertian bela negara

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud, bela negara adalah bentuk kecintaan kepada negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pembelaan negara bukan semata-mata tugas dan tanggungjawab Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi juga segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya.

Untuk menanamkan rasa cinta terhadap NKRI, maka kita sebagai warga negara Indonesia wajib menjaga keutuhan bangsa dan membela negara dari masalah apapun.

Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai generasi penerus bangsa juga harus ditanamkan rasa tanggungjawab dan rasa memiliki atau rasa cinta terhadap negara Indonesia sebagai salah satu program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Menurut Direktur SMP, Drs. Mulyatsyah, M.M., semua warga negara Indonesia harus bangga dengan ideologi bangsa.

"Kita harus bangga dengan ideologi bangsa kita yang sudah ditetapkan 1 Juni 1945, siswa SMP sebagai penerus cita-cita bangsa harus paham bahwa pancasila adalah dasar negara kita," ujar Mulyatsyah.

Baca juga: Siswa, Pahami 6 Poin Ini Saat Uji Coba Belajar Tatap Muka di Jakarta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X