Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2021, 09:43 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Dalam upaya untuk mewujudkan visi masuk 500 besar peringkat perguruan tinggi dunia pada 2024, Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka rekrutmen dosen melalui program High Quality Talent Lecturer.

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah mengatakan, dari hasil analisis, untuk mewujudkan visi tersebut diperlukan sumber daya manusia yang andal dan unggul berkelas internasional.

“High Quality Talent Lecturer ini ditujukan untuk merekrut para dosen dengan talenta dan kualifikasi unggul sehingga akan menjadi akselerator proses Unpad menuju peringkat 500 dunia,” ujar Aulia dalam keterangan tertulis di laman Unpad, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Mencari dosen dengan talenta berkualitas

Rekrutmen dosen ini terbuka untuk semua bidang ilmu yang ada di Unpad. Aulia menjelaskan, Unpad menjaring sebanyak-banyaknya kandidat yang sesuai dengan persyaratan.

Aulia memaparkan, persyaratan tersebut antara lain berkualifikasi Doktor dari perguruan tinggi terekognisi internasional, memiliki setidaknya tiga publikasi internasional dalam tiga tahun terakhir, serta memiliki passion yang kuat dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pembelajaran.

Persyaratan lainnya adalah batas usia maksimal adalah 45 tahun, serta memiliki kemampuan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Kandidat juga wajib bergelar Doktor dari perguruan tinggi yang terekognisi internasional, baik perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri yang sudah terekognisi di sistem World University Rankings.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

“Ini bertujuan jika kita ingin berada di peringkat 500 besar, maka kita (Unpad) harus punya talenta yang World Class University juga,” terangnya.

Aulia melanjutkan, kandidat lulusan perguruan tinggi terekognisi internasional setidaknya memiliki pengalaman bagaimana menjalani pendidikan di kampus WCU. Diharapkan, pengalaman tersebut bisa dipraktikkan langsung di Unpad.

Selain itu, kandidat juga didorong memiliki jejaring yang baik dengan universitas almamaternya maupun jejaring secara luas. Nantinya, kandidat juga akan menjadi katalis jejaring bagi Unpad.

Kandidat terpilih nantinya akan diberi alokasi skema riset spesifik. “Kita challenge bahwa Anda ini high quality, jadi harus punya riset spesifik dan punya publikasi internasional yang terbit di tahun pertama,” kata Aulia.

Baca juga: Universitas Pertahanan RI Buka Beasiswa S2-S3, Bebas Biaya Kuliah

Tahun akademik baru sudah bisa mengajar

Rekrutmen High Quality Talent Lecturer Unpad 2021Dok. Unpad Rekrutmen High Quality Talent Lecturer Unpad 2021

Rekrutmen High Quality Talent Lecturer dibuka hingga 31 Mei 2021. Peserta akan menjalani tiga seleksi utama, yaitu seleksi administrasi, seleksi portofolio publikasi, serta seleksi psikologi. Proses seleksi ditargetkan akan berjalan dalam 2 – 3 bulan.

“Dengan demikian, mulai tahun akademik baru, dosen sudah bisa mengajar,” kata Aulia.

Untuk mengajukan lamaran, pendaftar bisa melampirkan surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, salinan ijazah Doktor/Post Doctoral/sertifikat pelatihan, salinan KTP, dan dua surat rekomendasi dari dua promotor. Berkas lamaran bisa dikirim ke dir.sdm@unpad.ac.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com