Kompas.com - 26/04/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi anak menjalani pembelajaran jarak jauh (Shutterstock/ Ann in the uk) Ilustrasi anak menjalani pembelajaran jarak jauh (Shutterstock/ Ann in the uk)

KOMPAS.com - Penguasaan bahasa asing, terlebih bahasa Inggris, merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan anak agar mampu bersosialisasi secara luas dan mencetak prestasi skala global.

Namun, tak sedikit orangtua yang bertanya kapan waktu yang paling tepat anak belajar bahasa asing.

Banyak sekali penelitian berusaha mencari jawaban atas pertanyaan ini. Sayangnya, belum ada kesimpulan menyebut usia secara pasti, sebab belajar bahasa dipengaruhi banyak faktor, seperti lingkungan, motivasi, dan kualitas pengajaran.

Merangkum platform edukasi Sekolah.mu, usia nyatanya memang mempengaruhi kecepatan anak dalam menguasai bahasa asing.

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

Berikut rentang usia ideal bagi anak belajar bahasa asing:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Usia 3 tahun

Pada periode usia ini, anak memiliki kemampuan alami untuk belajar bahasa dan berkembang pesat selama 3-4 tahun pertama kehidupan anak.

Melansir laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, Elizabeth Allen, warga negara Inggris pengajar bahasa Perancis dan Inggris, mengatakan, usia ideal bagi anak belajar bahasa asing adalah tiga tahun.

Hal tersebut berdasarkan pengalaman yang ia dapat selama mengajar bahasa asing sejak 1986.

Namun, ia mengingatkan, belajar bahasa asing harus dibuat menyenangkan. Orangtua harus mendampingi dan menciptakan suasana belajar yang santai.

Baca juga: Tak Berorientasi Nilai, Ini Cara Sekolah Cikal Asah Kompetensi Murid

“Belajar yang paling efektif adalah melalui lagu, permainan, ataupun menonton program televisi dan film dalam bahasa asing,” ucap Allen yang pernah mengajar bahasa di berbagai negara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X