Kompas.com - 26/04/2021, 16:39 WIB
Info pendaftaran PembaTIK bagi guru. Tangkapan layar akun Instagram Rumah BelajarInfo pendaftaran PembaTIK bagi guru.

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi melanjutkan program Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PembaTIK) di tahun 2021.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim menjelaskan ada target 75.000 guru bisa mengikuti program ini.

Namun, sejak diluncurkan pada 15 April 2021, Program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PembaTIK) tahun 2021 justru berhasil menarik minat 80.000 guru yang telah mendaftarkan diri.

Dengan capaian tersebut, program yang diluncurkan oleh Mendikbud ini melebihi target yang ditetapkan.

Baca juga: Universitas Pertahanan RI Buka Beasiswa S2-S3, Bebas Biaya Kuliah

“Ini adalah capaian luar biasa, karena hanya dalam kurun waktu 10 hari target peserta yang dicanangkan telah tercapai. Ini tentu kabar yang menggembirakan buat kita semua dan sekaligus menunjukkan bahwa animo dari para pendidik, bapak ibu guru semua terhadap program ini masih luar biasa tinggi,” ungkap Pelaksana tugas (plt.) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), Muhammad Hasan Chabibie, seperti dilansir dari laman Kemendikbud, Senin (26/4/2021).

Hasan berharap setelah para peserta ini mendaftar dalam acara Pembatik 2021, para peserta mengikuti tahapan demi tahapan yang sudah dijadwalkan.

“Tentu kita harapkan menjadi pembelajaran bagaimana nanti kita bisa mengimplementasikan model pemanfaatan TIK dengan sebaik-baiknya,” harap Hasan.

Baca juga: 9 Webinar Kemendikbud untuk Guru dan Orangtua Mengajar di Masa Pandemi

Tingkatkan mutu pendidikan Indonesia

Para guru yang mengikuti program PembaTIK 2021 akan dihadapkan pada empat level kemampuan ketika pelatihan.

Level pertama adalah literasi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Lalu, level dua implementasi TIK, level tiga kreasi TIK, dan level empat berbagi dan berkolaborasi menghasilkan materi pembelajaran," sambung Nadiem.

Nantinya, peserta yang lulus empat tahapan program ini akan dipilih menjadi sahabat Rumah Belajar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.