Kompas.com - 02/05/2021, 15:48 WIB
Ilustrasi gangguan mental Shutterstock.comIlustrasi gangguan mental
|

KOMPAS.com - Remaja saat ini sangat rentan mengalami gangguan kesehatan mental yang ditimbulkan adanya pandemi Covid-19.

Demikian diungkapkan Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) dr. Rachmawati Sp.KJ dalam sebuah webinar.

Adapun webinar digelar oleh Prodi Pendidikan Dokter Spesialis Psikiatri (PPDS) Bagian Psikiatri FK (Undip) bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) Cabang Semarang.

Baca juga: Dosen Undip: Berpuasa Berikan 4 Manfaat Ini bagi Kesehatan Tubuh

Menurut Dokter Rachmawati, kebijakan penanggulangan penyebaran Covid-19 di Indonesia berpotensi memicu:

  • anxiety (gangguan kecemasan)
  • depresi
  • stress di masyarakat

"Faktor lain yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan kecemasan adalah lingkungan, emosional, dan faktor fisik," ujarnya seperti dikutip dari laman Undip, Sabtu (1/5/2021).

Tak hanya itu saja, hal lain yang bisa memicu anxiety, depresi dan stres pada masyarakat di saat pandemi adalah peredaran hoaks atau berita bohong.

"Penyebaran informasi tidak benar atau hoaks serta asumsi-asumsi adanya teori konspirasi juga dapat memperburuk kondisi kesehatan mental," imbuhnya.

Sosialisasi remaja terhambat

Menurutnya, dari hasil penelitian yang dilakukan terkait permasalahan kesehatan jiwa selama pandemi Covid-19 di Indonesia, ditemukan beberapa gambaran yang patut diwaspadai.

Baca juga: Pakar Unair: Tips Remaja Jaga Kesehatan Mental Akibat Pandemi Covid-19

Dari 2.364 responden yang diteliti, ada:

  • 67 persen di antaranya mengalami depresi
  • 68 persen mengalami kecemasan
  • 77 persen mengaku mengalami trauma psikologis

Namun ketika difokuskan pada kelompok remaja, kerentanan saat pandemi terjadi karena di masa pengembangannya terjadi hambatan untuk bersosialisasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X