Kompas.com - 12/04/2021, 15:26 WIB
Ilustrasi puasa menurunkan berat badan Ilustrasi puasa menurunkan berat badan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menunaikan ibadah puasa ternyata mendatangkan banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Menurut Dosen Program Studi Gizi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Annta Kern Nugrohowati, penelitian yang dilakukan para ahli menyatakan bahwa puasa Ramadhan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, antara lain:

1. Dapat memperbaiki kadar gula darah melalui mekanisme peningkatan sensitivitas insulin.

2. Memperbaiki tekanan darah dan frekuensi nadi.

3. Menurunkan berat badan pada individu-individu yang overweight atau obesitas.

4. Memperbaiki kadar lemak dalam darah.

"Terkait dengan kekebalan tubuh, puasa dapat menurunkan kadar sitokin proinflamasi, penanda oksidative stress dan CRP. Sehingga puasa Ramadhan di masa pandemi Covid-19 aman dan tidak akan menurunkan imunitas," terang Annta Kern seperti dikutip dari laman undip.ac.id, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Dosen UII Berikan Tips Mata Tetap Sehat Saat Belajar Daring

Puasa berikan manfaat untuk kesehatan

Namun hal ini berlaku bagi individu yang tidak memiliki penyakit kronis sebelumnya.

Annta menerangkan, apabila seseorang memiliki penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes melitus, gangguan pada jantung ataupun gangguan pada ginjal disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter apakah diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa atau tidak.

Annta mengungkapkan, puasa Ramadhan di masa pandemi Covid -19 dapat dijalankan dengan aman dan akan memberikan manfaat untuk kesehatan selama terdapat keseimbangan antara asupan makan dan aktivitas fisik.

Baca juga: Pakar Unpad: 4 Langkah Ini Bisa Cegah Kerusakan Gigi Anak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X