Kompas.com - 02/05/2021, 15:55 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Balairung UGM, Minggu (2/5/2021). Dok. Humas UGMUniversitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Balairung UGM, Minggu (2/5/2021).
|

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengangkat tema 'Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar' pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021.

Tema ini selaras dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Panut Mulyono menerangkan, sebagai program besar yang menghadirkan perubahan signifikan dalam sistem pendidikan nasional Indonesia, MBKM butuh dukungan semua pihak agar dapat dilaksanakan dengan baik dan mencapai hasil optimal.

"Dukungan warga kampus merupakan kunci keberhasilan program ini di samping dukungan dari semua pemangku kepentingan seperti dunia usaha dan industri," jelas Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono dalam upacara peringatan Hardinas di Balairung UGM, Minggu (2/5/2021).

Baca juga: Peringati Hardiknas, Yuk Ketahui Sisi Lain Ki Hadjar Dewantara

Menurut Prof. Panut, bimbingan dan arahan dari dosen kepada mahasiswa sangat penting dalam MBKM. Hal ini akan menentukan hasil yang diperoleh para mahasiswa.

Mahasiswa dan dosen harus terlibat aktif dalam MBKM

Selain itu, peran serta mahasiswa untuk mau membuka diri mengikuti beragam program yang ada juga menjadi penentu keberhasilan MBKM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Program-program yang dapat diikuti oleh mahasiswa dalam program MBKM, antara lain:

1. Pertukaran mahasiswa
2. Magang
3. Mengajar di sekolah
4. Penelitian
5. Membangun desa
6. Studi mandiri
7. Kewirausahaan
8. Poyek kemanusiaan
9. Bela negara

"Mengingat banyaknya ragam kegiatan di luar kampus yang dapat diikuti para mahasiswa maka pemilihan kegiatan yang diikuti sebaiknya mendukung dan melengkapi kompetensi program studi," tegas Rektor.

Baca juga: Pakar UGM: Covid-19 Terus Bermutasi, Masyarakat Harus Disiplin Prokes

UGM sebagai Kampus Merdeka Terarah

Untuk menyukseskan program Merdeka Belajar ini, UGM berkomitmen menjadikan sebagai Kampus Merdeka Terarah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X