Kompas.com - 06/05/2021, 06:40 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Direktorat PAUD dan Southeast Asian Ministers Of Education Organization Center Of Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) menyusun enam modul pembelajaran keorangtuaan.

Direktur Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) Muhammad Hasbi mengatakan, modul yang dihasilkan bersama SEAMEO CECCEP dapat memberikan dampak kepada para penerima manfaat dan bagi masyarakat umum.

Menurut Hasbi, salah satu dampak yang ingin dicapai dari kegiatan piloting ini adalah tumbuhnya kesadaran orang tua terkait terpenuhinya kebutuhan esensial anak Indonesia. Khususnya terkait perlindungan, pengasuhan, kesehatan dan kesejahteraan.

"Dengan terpenuhinya kebutuhan gizi, nutrisi dan kesehatan tentunya akan menurunkan angka stunting," kata Hasbi dalam Rapat Koordinasi Piloting Fasilitasi Pendampingan Kapasitas Keorangtuaan, Senin hingga Rabu (3-5/5/2021) di Bandung, Jawa Barat seperti dikutip dari laman Ruang Guru PAUD.

Baca juga: Daftar Universitas Tujuan dan Keuntungan Ikuti Beasiswa LPDP 2021

Habis menerangkan, bagi anak usia dini, yakni usia 1 hingga 6 tahun, kebutuhan dasar yang harus dipenuhi orangtua, antara lain:

1. Kesehatan

Faktor kesehatan ini bisa dilakukan orangtua dengan selalu memberikan makanan yang dengan gizi seimbang, bernutrisi serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Simak Persyaratan Lengkap Beasiswa LPDP Reguler 2021

2. Pendidikan

Orangtua hendaknya memberikan stimulasi yang tepat sesuai tumbuh kembang anak. Hal itu penting untuk perkembangan kognitif, psikomotorik, dan psikologis anak.

3. Pengasuhan

Pemberian kebutuhan akan kesehatan dan pendidikan tersebut tak terlepas dari pola asuh. Orangtua hendaknya memberikan pola asuh yang efektif dan positif.

Baca juga: 4 Tips Seputar Penggunaan Kawat Gigi ala Pakar UGM

4. Perlindungan

Faktor perlindungan ini berarti, orangtua membatasi penggunaan gawai dan pengelolaan emosi yang tepat.

Hasbi menambahkan, terdapat enam modul yang disiapkan dalam piloting dan menjadi pembahasan praktisi dan pakar PAUD dari SEAMEO CECCEP Dan Direktorat PAUD. Keenam modul tersebut antara lain:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.