Kompas.com - 07/05/2021, 14:44 WIB
ilustrasi Bumi ilustrasi Bumi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bagi siswa SMP, pasti sudah pernah mempelajari tentang rotasi bumi. Rotasi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah barat ke timur.

Proses perputaran bumi mengelilingi sumbunya ini disebut dengan kala rotasi, yaitu selama 23 jam 56 menit 4 detik. Kala rotasi ini biasa dikenal dengan sebutan satu hari.

Namun, peredaran bumi mengelilingi sumbunya tidak akan terasa karena adanya gravitasi. Jadi, gravitasi bumi dapat menarik semua benda ke arah pusat gravitasi bumi itu sendiri.

Hal ini mengakibatkan manusia tidak akan merasakan pergerakan rotasi bumi atau jatuh saat posisinya ada di bawah bumi.

Baca juga: Intip Keseruan Belajar di Alam Terbuka ala Kampus Mengajar

Merangkum dari laman Ruang Guru, rotasi bumi ini bisa mengakibatkan beberapa hal terjadi dan bisa dirasakan oleh manusia. Mau tahu apa saja akibat rotasi bumi? Yuk simak ulasan berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Terjadinya siang dan malam

Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Hal ini terjadi karena ada dua bagian bumi yang sebagian menghadap matahari dan sebagian lagi membelakangi matahari.

Bagian yang menghadap matahari mengalami waktu siang sedangkan bagian yang membelakangi matahari mengalami waktu malam.

Baca juga: UGM Peringkat Pertama Raih Pendanaan PKM 2021

2. Gerak semu harian matahari

Pernahkah terbersit pikiran bahwa matahari itu bergerak mengelilingi bumi? Ternyata pemikiran itu tidak benar lho. Sebenarnya, justru bumi yang mengelilingi matahari.

Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi planet-planet di dalam orbitnya, termasuk bumi.

Peristiwa itu disebut gerak semu harian matahari. Pergerakan semu harian matahari disebabkan rotasi bumi yang membuat matahari seolah-olah mengelilingi bumi. Matahari merupakan bintang yang menghasilkan energi atau cahaya sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X