Kompas.com - 08/05/2021, 20:11 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap hari, sampah selalu bertambah. Tak hanya sampah non organik, sampah organik juga selalu bertambah.

Seperti sampah makanan atau food waste. Hampir semua orang, setidaknya saat masih kecil, pernah menyisakan makanan yang akhirnya menghasilkan food waste.

Akibat tindakan tersebut, Food and Agriculture Organization (FAO) menyebut sepertiga dari makanan yang diproduksi di dunia hilang.

Baca juga: Akademisi UNS: Meminum Obat Harus Perhatikan Hal-hal Ini

Terkait hal itu, Dosen Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dian Rachmawati Afandi, S.TP., M.P., mengatakan setidaknya ada beberapa alasan mengapa kita harus mencegah timbulnya sampah makanan.

Lantas, bagaimana caranya mencegah timbulnya sampah makanan? Melansir laman UNS, Kamis (6/5/2021), ini penjelasan Dian Rachmawati.

1. Pertama: penghematan rantai pasokan.

Alasan yang pertama adalah alasan ekonomi yakni penghematan dalam rantai pasokan atau supply chain.

Dengan memperhatikan pola produksi, distribusi, hingga konsumsi untuk sebisa mungkin tidak menghasilkan sampah makanan, biaya yang dikeluarkan pada setiap tahapan tersebut juga akan menjadi hemat, terutama konsumsi.

2. Kedua: mencegah kerusakan lingkungan.

Penghematan dalam rantai pasokan berdampak pada penghematan energi dan sumber daya alam lainnya yang digunakan, sehingga kerusakan lingkungan dapat turut dicegah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.