Kompas.com - 15/05/2021, 11:26 WIB
Sejumlah calon wali murid SMP melakukan verifikasi dan validasi data di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Jawa Timur, Selasa (18/6/2019). KOMPAS.com/HANDOUTSejumlah calon wali murid SMP melakukan verifikasi dan validasi data di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Jawa Timur, Selasa (18/6/2019).

KOMPAS.com - Tahun ajaran baru akan segera dimulai dalam beberapa bulan ke depan. Mungkin ada di antara orangtua dan siswa yang belum mengetahui bagaimana mekanisme alur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022.

Melansir laman ditsmp.kemdikbud, bagi yang hendak meneruskan pendidikan ke jenjang SMP, mari simak alur proses PPDB sesuai dengan Permendikbud No.1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru di bawah ini:

1. Pengumuman pendaftaran

Pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru dilakukan secara terbuka oleh pihak sekolah menggunakan media informasi sekolah seperti papan pengumuman atau media lainnya.

Baca juga: Ini Jenis-Jenis Jamu Gendong, Siswa Wajib Paham

Pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru dilaksanakan oleh sekolah paling lambat minggu pertama bulan Mei dengan memuat informasi seperti:

  • Persyaratan calon peserta didik sesuai dengan jenjangnya
  • Tanggal pendaftaran
  • Jalur pendaftaran
  • Jumlah daya tampung yang tersedia pada kelas 7 sesuai dengan data rombongan belajar dalam Dapodik
  • Tanggal penetapan pengumuman hasil proses seleksi PPDB.

2. Pendaftaran

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahap pendaftaran dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme daring dengan mengunggah dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan ke laman pendaftaran PPDB yang telah ditentukan (laman PPDB yang dikelola Pemda masing-masing daerah).

Bila fasilitas jaringan tidak memadai, maka PPDB dilaksanakan melalui mekanisme luring dengan melampirkan fotokopi dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan.

Baca juga: PPDB SMA/SMK Provinsi Jawa Timur Buka Lima Jalur Seleksi

3. Seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran

Calon peserta didik untuk jenjang SMP berusia paling tinggi 15 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan dan telah telah menyelesaikan kelas 6 SD atau bentuk lain yang sederajat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X