Kompas.com - 15/05/2021, 08:44 WIB
Ilustrasi Internet shutterstockIlustrasi Internet

KOMPAS.com - Internet adalah sebuah dunia digital yang sangat luas. Banyak sekali hal yang terdapat di internet, mulai dari informasi teks, gambar, video, dan sebagainya.

Namun, sadarkah kalian bahwa semua hal dan aktivitas yang terjadi di internet itu terekam, bahkan sulit dihilangkan jejaknya?

Ternyata, segala hal yang terjadi di dunia maya tersebut memiliki trek digital atau yang lebih dikenal dengan “jejak digital”.

Jejak digital merupakan kumpulan jejak dari semua data digital, baik dokumen maupun akun digital. Jejak digital dapat tersedia baik bagi data digital yang disimpan di komputer (tanpa terhubung internet) maupun yang disimpan secara online (terhubung ke internet).

Melansir laman ditsmp.kemdikbud.go.id, ada dua jenis jejak digital, yaitu jejak digital pasif dan jejak digital aktif.

Untuk jejak digital pasif biasanya tidak ada tindakan yang dilakukan, seperti terekamnya alamat IP, riwayat pencarian, dan lokasi.

Sedangkan jejak digital aktif merupakan segala jejak digital yang tercipta atas peran aktif si pengguna. Contohnya seperti unggahan media sosial, mengisi formulir daring, dan juga mengirim surel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Netizen Indonesia Sangat Tidak Sopan, Ini Kata Pakar Unpad

Lantas, seberapa penting jejak digital?

Jejak digital ibarat bom waktu yang siap meledak kapan saja. “Bom” bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu yang menargetkan pemilik jejak digital. Terlebih lagi apabila pemilik jejak digital mempunyai jejak yang buruk dan bisa merugikan dirinya sendiri.

Sebagai contoh, ada seorang siswa SMP bernama Badu yang berpeluang mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Badu berhasil lolos administrasi dan tes hingga ke tahap wawancara.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X