Kompas.com - 23/05/2021, 19:52 WIB
Tim peneliti PT. Riset Perkebunan Nusanatara juga mengungkap teh asli Indonesia mempunyai beberapa khasiat. Tangkap layar laman LPDPTim peneliti PT. Riset Perkebunan Nusanatara juga mengungkap teh asli Indonesia mempunyai beberapa khasiat.
|
Editor Dian Ihsan


KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia pasti ada yang memiliki rutinitas minum teh di pagi atau sore hari.

Menyeduh teh dan menikmatinya selagi hangat bisa menjadi cara untuk merelaksasi diri.

Teh ternyata memiliki sejarah panjang. Karena beragam manfaatnya, di dunia internasional juga ada hari khusus untuk memperingati Hari Teh Sedunia.

Hari Teh Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Desember. Namun per tahun 2019, Hari Teh Internasional berubah menjadi tanggal 21 Mei yang diperingati setiap tahunnya.

Tahukah kamu rata-rata orang Indonesia mengonsumsi sekitar 340 gram/kapita/tahun atau hanya setengah cangkir teh per orang per hari.

Baca juga: Orangtua, Kenali Pola Menggambar Anak Sesuai Usia

Konsumsi teh di Indonesia masih rendah

Angka ini sebenarnya menjadi yang terendah dibanding 7 negara produsen utama teh dunia lainnya seperti yakni Tiongkok, India, Sri Lanka, Kenya, Vietnam dan Turki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari akun Instagram Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) Republik Indonesia, konsumsi teh Indonesia kini semakin terdesak dengan teh impor yang membanjiri pasar.

Padahal kualitas teh Indonesia tak kalah dengan kualitas teh dari negara lain. Hal ini dibuktikan melalui proyek riset pendanaan RISPRO LPDP, tim peneliti dari PT Riset Perkebunan Nusantara yang diketuai Rohayati Suprihatini.

Rohayati gencar melakukan sosialisasi manfaat teh lokal Indonesia guna meningkatkan konsumsi teh di masyarakat.

Teh dalam negeri tinggi antioksidan

Sebagai ketua penelitian, Rohayati dan tim membuktikan teh dalam negeri mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam pencegahan kanker.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X