Kompas.com - 29/05/2021, 11:13 WIB
Ilustrasi uang kertas Yuan di bank Shutterstock.comIlustrasi uang kertas Yuan di bank

KOMPAS.com - Keuangan kerap kali menjadi hal yang kompleks bagi kehidupan manusia, tidak terkecuali bagi para mahasiswa.

Banyaknya keluhan terkait keuangan seperti pengeluaran yang lebih besar dari pada uang saku bulanan hingga kebutuhan-kebutuhan yang mendadak harus segera dipenuhi terkadang membuat para mahasiswa kebingungan mengelola keuangan mereka.

Apalagi, jika mahasiswa tersebut merantau, maka harus cermat pula mengurus masalah keuangan. Jika tidak, bisa berakibat fatal di kemudian hari. Misalnya, tidak ada biaya untuk makan sebelum tanggal pengiriman uang oleh orangtua.

Baca juga: Lima Cara Mengasah Jiwa Inovatif dan Jadi Lebih Kreatif

Belum lagi, masih banyak mahasiswa yang terjebak menuruti gaya hidup selama bersosialisasi. Akhirnya, kadang mereka lupa jika saldo dalam rekening bisa ikut menipis akibat keputusan sesaat yang diambil.

Problem keuangan di atas sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan perencanaan keuangan. Hal inilah yang disampaikan oleh Zain Ambi, alumnus Universitas Airlangga (Unair).

Pria yang kerap disapa Ambi ini menjelaskan kiat-kiat untuk mengatur keuangan agar para mahasiswa dapat terhindar dari permasalahan terkait dengan keuangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Setiap ada keinginan atau impian-impian Anda yang membutuhkan uang, disitulah ada yang namanya tujuan keuangan. Karena ada tujuan keuangan, maka kita ada yang namanya perencanaan keuangan,” jelas Ambi dilansir dari laman unair.ac.id

Baca juga: Akademisi Unair Beri Tips Menggelar Event di Tengah Pandemi Covid-19

Lebih lanjut, Ambi menjelaskan bahwa untuk merencanakan keuangan dapat melihat dari sudut pandang piramida perencanaan keuangan.

"Ketika kita merencanakan keuangan seseorang, itu dimulai dari yang paling bawah," ungkap financial planner bersertifikasi ini.

Ambi menjelaskan bahwa bagi para mahasiswa, hal-hal utama terkait dengan keuangan antara lain kebutuhan jangka pendek, dana darurat, dan investasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.