Kompas.com - 30/05/2021, 12:00 WIB
Bhiku dan umat Buddha berdoa bersama di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (26/5/2021). Detik-detik Tri Suci Waisak 2565 BE tahun 2021 yang mengangkat tema Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju itu jatuh pada 26 Mei 2021, pukul 18.13.30 WIB. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGBhiku dan umat Buddha berdoa bersama di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (26/5/2021). Detik-detik Tri Suci Waisak 2565 BE tahun 2021 yang mengangkat tema Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju itu jatuh pada 26 Mei 2021, pukul 18.13.30 WIB.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Indonesia terkenal di mata dunia karena keanekaragaman budayanya. Mulai dari adat istiadat yang berbeda di tiap daerah, tarian daerah, rumah adat hingga alat musik daerah.

Termasuk diantaranya benda, bangunan, struktur, situs dan kawasan yang ditetapkan sebagai suatu cagar budaya.

Bahkan ada cagar budaya di Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Mulai dari Candi Borobudur, Candi Prambanan, Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Lorentz dan masih banyak lagi.

Tapi tahukah kalian mengenai persyaratan penetapan cagar budaya?

Baca juga: Kuliah Gratis Sampai Lulus di Telkom University dengan Beasiswa Ini

Merangkum dari akun Instagram Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), suatu benda dapat dikatakan Cagar Budaya jika sudah melalui proses penetapan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanpa proses penetapan suatu warisan budaya yang memiliki nilai penting tidak dapat dikatakan sebagai Cagar Budaya.

Pengertian penetapan berdasarkan UURI Nomor 11 Tahun 2010 adalah pemberian status Cagar Budaya bisa ditetapkan pada:

1. Benda

Benda Cagar Budaya adalah benda alam dan/atau benda buatan manusia, baik bergerak maupun tidak bergerak, berupa kesatuan atau kelompok, atau bagian-bagiannya, atau sisa-sisanya yang memiliki hubungan erat dengan kebudayaan dan sejarah perkembangan manusia.

Contoh Cagar Budaya berupa benda seperti menhir, lingga-yoni, gerbong kereta api, lukisan dan masih banyak lagi.

Baca juga: 20 SMA Terbaik Surabaya Berdasarkan Nilai UTBK 2020, Ada PKBM Kak Seto

2. Bangunan

Bangunan Cagar Budaya adalah susunan binaan yang terbuat dari benda alam atau benda buatan manusia untuk memenuhi kebutuhan ruang berdinding dan/atau tidak berdinding, dan beratap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.