Kompas.com - 11/06/2021, 10:36 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|

KOMPAS.com - Memiliki anak sehat adalah impian setiap orang tua. Apalagi sang anak sehat dan berprestasi juga berbudi pekerti yang baik.

Namun, bagaimana caranya untuk meningkatkan prestasi sang anak? Salah satunya ialah dengan meningkatkan semangat dalam diri mereka.

Seorang anak yang bersemangat akan menunjukkan beberapa tanda-tanda seperti pola pikir yang mulai berkembang, aktif dalam setiap kegiatan, menyukai tantangan, serta tidak mudah menyerah.

Baca juga: 7 Cara Stimulasi Perkembangan Anak Disabilitas Pendengaran

Orang tua yang bersemangat tentunya akan membentuk anak yang bersemangat pula. Maka dari itu, orang tua juga perlu menebarkan semangat dalam kepada anak.

Cara yang bisa dicoba membentuk semangat pada anak adalah seperti:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • berbicara berkesan dengan anak
  • memahami bahwa setiap anak tidaklah sama
  • berbicara singkat namun berdampak
  • serta berbicara yang nyaman, percaya diri, jelas, dan mudah dipahami

Tak hanya itu saja, melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Kamis (10/6/2021), ada 3 cara mendidik anak yang bisa dilakukan oleh orang tua, yakni:

1. Coba biarkan anak yang memilih

Setiap anak mempunyai kebebasan dalam memilih apa yang hendak ia lakukan. Orang tua sebaiknya tidak mengekang, namun hanya mengawasi apa yang dilakukan oleh anak.

Anak yang memiliki kebebasan untuk memilih aktivitas dan cara ia mengerjakan aktivitas tersebut akan lebih termotivasi dalam menjalaninya.

Hal tersebut disebabkan karena ia mengerjakan hal yang sesuai minatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X