Kompas.com - 18/06/2021, 11:55 WIB
Jaringan tumbuhan Jaringan tumbuhan
|

KOMPAS.com - Tidak hanya manusia, namun tumbuhan juga memiliki jaringan-jaringan. Namun, apa yang disebut dengan jaringan?

Bagi siswa sekolah tentu harus paham. Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Rabu (16/6/2021), jaringan adalah kelompok sel-sel yang mempunyai fungsi dan bentuk sama.

Setiap sel suatu organisme memiliki ukuran yang bervariasi, dan ukuran sel mencerminkan fungsi yang dilakukan sel tersebut.

Baca juga: Siswa Ingin Jaga Imun? Rempah Ini Kaya Manfaat, Bonus Berat Badan Turun

Tentu, semua fungsi hidup organisme bersel satu dilakukan oleh sel tunggal itu sendiri. Sedangkan, pada organisme bersel banyak, seringkali sel tidak dapat bekerja sendiri.

Setiap sel bergantung kepada sel yang lain. Kerja sama dan interaksi di antara sel ini menyebabkan organisme yang membentuk jaringan ini yang dapat mempertahankan hidupnya.

Berikut ini penjelasan tentang 6 jenis jaringan pada tumbuhan:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Jaringan Meristematik

Untuk jaringan meristematik terdiri dari sel-sel meristem. Jaringan ini dapat ditemukan pada titik-titik tumbuh diujung batang dan akar (disebut meristem pucuk/ujung/apikal).

Bisa pula di bawah kulit kayu (sebagai kambium gabus maupun kambium pembuluh, disebut meristem tepi/lateral), dan di tepi ruas atau buku, serta pada pangkal tangkai daun (meristem antara/interkalar).

2. Jaringan Epidermis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X