Kompas.com - 26/06/2021, 10:35 WIB
Buku Loving the Wounded Soul, Alasan dan Tujuan Depresi Hadir di Hidup Manusia dok. Gramedia DigitalBuku Loving the Wounded Soul, Alasan dan Tujuan Depresi Hadir di Hidup Manusia

KOMPAS.com - "Saya tidak menyangka akan berada di titik ini, di mana saya mampu merasa bahagia hampir setiap hari. Titik di mana saya tidak lagi mempertanyakan kapan saya bisa bahagia dan mengapa saya selalu sedih."

Mengalami depresi sejak masa remaja hingga memerlukan konsultasi psikolog sebanyak 42 kali, menjadi awal Regis Machdy "melahirkan" buku "Loving the Wounded Soul, Alasan dan Tujuan Depresi Hadir di Hidup Manusia."

Sebagai lulusan program Master of Global Mental Health dari University of Glasgow, Inggris, penulis ingin menjadi jembatan antara dunia akademisi psikologi dan masyarakat yang belum paham mengenai kesehatan mental.

Sehingga, hal yang menarik dari buku ini ialah ditulis langsung oleh seseorang yang mendalami ilmu tersebut sekaligus sebagai seseorang yang juga pernah mengalami depresi.

Baca juga: Buku Minggu Ini: 5 Pilihan Adult Coloring Book Pengurang Stres

Depresi sendiri merupakan penyakit yang mengganggu, bahkan dapat memunculkan keinginan untuk mengakhiri hidup bagi yang mengalaminya. Namun, di tengah banyaknya stigma yang melabeli, tak sedikit orang dengan depresi yang sulit mendapatkan pertolongan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Buku Loving the Wounded Soul membahas depresi secara komprehensif, mulai dari aspek klinis dan budaya, faktor internal dan eksternal, serta "higher meaning" dari kehadiran depresi itu sendiri.

Tak hanya menjadi pedoman bagi orang dengan depresi, buku ini juga penting babi pendamping dan siapa saja yang ingin memahami kompleksitas jiwa sekaligus menemukan makna sejati kehidupan.

Pada bagian awal buku ini, sang penulis mengungkapkan bahwa buku ini memang kombinasi antara konsep psikologi yang ilmiah dan cerita personal yang dialaminya sendiri.

Untuk memandu para pembaca, Regis menuliskan bagian "cara menggunakan buku ini" di awal buku. Ia juga menuliskan bahwa buku ini tidak perlu dibaca runut dan tidak juga harus menamatkan semua bab.

Baca juga: Pakar IPB: Ini Cara Alami Obati Tekanan Darah Tinggi

Membaca buku ini juga akan lebih memperkaya pengetahuan tentang kesehatan mental. Penulis juga memasukkan penjelasan daftar ilmiah di buku ini. Regis mencoba menjelaskannya dalam bahasa yang sangat sederhana agar mudah dipahami.

Kamu bisa mendapatkan buku maupun e-book Loving the Wounded Soul: Alasan dan Tujuan Depresi Hadir di Hidup Manusia karya Regis Machdy di Gramedia Digital.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.