Kompas.com - 27/06/2021, 14:17 WIB
Ilustrasi lingkungan sosial freepik.com/pch.vectorIlustrasi lingkungan sosial
|

KOMPAS.com - Salah satu Fakultas paling banyak diminati di rumpun Saintek yakni Fakultas Teknik. Beberapa program studi yang cukup populer dan banyak dipilih calon mahasiswa seperti Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Industri.

Tapi, tahukah kamu jika ada juga prodi yang tak kalah menarik, yaitu Teknik Lingkungan. Meski tidak begitu populer dibandingkan prodi lainnya, namun peluang kerja Teknik Lingkungan ini juga terbuka lebar lho.

Merangkum dari salah satu platform edukasi Ruang Guru, Teknik Lingkungan secara garis besar belajar tentang alam beserta makhluk hidup di dalamnya.

Mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan selama kuliah akan mempelajari bagaimana mengolah sumber daya alam.

Baca juga: Ini Manfaat Project Based Learning bagi Siswa Saat PTM Terbatas

Teknik lingkungan mempelajari hal ini

Seperti air, tanah, dan udara, tanpa harus mengeksploitasi dan membahayakan alam beserta makhluk yang hidup di dalamnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menjaga keseimbangan alam ini tentu sangat penting karena saat ini populasi manusia di dunia semakin meningkat tiap tahunnya.

Data terakhir World Bank menyebutkan populasi dunia mencapai angka 7.6 miliar pada 2019 yang sebelumnya sekitar 7.5 miliar pada tahun 2017 dan 2018.

Namun, sumber daya alam yang mendukung kehidupan manusia juga terbatas. Inilah yang membuat pentingnya mengolah sumber daya agar tidak timbul permasalahan di kemudian hari, seperti bencana alam.

Di samping itu, risiko pencemaran lingkungan akibat sektor industri terhadap kehidupan manusia juga perlu diwaspadai.

Baca juga: ITS Terima 3.061 Calon Maba Jalur SKMP, Ini 3 Jurusan Paling Diminati

Materi kuliah Teknik Lingkungan

Terkait materi kuliah, di tiap universitas memiliki perbedaan. Namun secara garis besar, materi Teknik Lingkungan akan mencakup beberapa hal yang sama, seperti:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.