Kompas.com - 09/07/2021, 12:09 WIB

KOMPAS.com - Setiap individu memiliki potensi untuk sukses dengan mengandalkan kelebihan diri yang dimiliki. Dalam dunia kuliah atau karier misalnya, mengenal kelebihan diri sendiri dapat menjadi salah satu cara memilih jurusan, bahkan menentukan bidang pekerjaan yang cocok.

Menurut riset Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, seperti dirangkum dari laman Quipper Campus, sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia merasa dirinya salah jurusan. Sehingga, tes minat dan bakat dinilai penting untuk dilakukan sebelum memilih jurusan.

Ada banyak tes yang dapat kamu ikuti, baik melalui lembaga profesional sehingga hasilnya akan lebih akurat, hingga tes kepribadian gratis.

Baca juga: Beasiswa S1 di Malaysia 2021, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Berikut sejumlah tes kepribadian gratis yang kamu bisa akses gratis:

1. 16 Personalities

Sekitar 429 juta orang yang telah mengikuti tes kepribadian melalui 16 Personalities. Menjadi salah satu tes kepribadian gratis yang sangat populer.

Informasi yang diberikan cukup detail, mencakup kelebihan, kekurangan, gambaran karier yang cocok untuk kepribadian yang kamu miliki.

2. Quipper Campus

Platform edukasi Quipper Campus memberikan sejumlah tes kepribadian gratis. Tak hanya tes minat dan bakat, melalui laman "Uji Potensi", kamu juga dapat mengikuti sejumlah tes kepribadian gratis.

Ada tes gaya belajar, tes faktor penyebab stres akademik, tes kecerdasan emosi, tes kecerdasan majemuk, hingga tes gaya kepemimpinan.

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2021 Kemendikbud untuk Mahasiswa S1-S3: Manfaat dan Cara Daftar

3. EQ Test Goleman

Tes ini dikembangkan oleh Daniel Goleman, psikolog yang menulis buku Emotional Intelligence.

Tes ini dapat membantu kamu mengenali tingkat kecerdasan emosionalmu dengan menjawab sejumlah pertanyaan.

4. Hexaco Personality Inventory

Hexaco Personality Inventory membagi kepribadian dalam 6 tipe, yaitu honesty-humility, emotionally, extraversion, agreeableness, conscientiousness dan openness to experience.

Yuk, cari tahu hasil dari tes kepribadian kamu.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan SMA/SMK-S1

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.