Kompas.com - 11/07/2021, 12:31 WIB
Ilustrasi hidroponik. PIXABAY/IAMARERIIlustrasi hidroponik.

KOMPAS.com - Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan selama pandemi Covid adalah bercocok tanam.

Ada banyak tanaman yang bisa ditanam, dirawat, selama pandemi. Mulai dari menanam tanaman hias, tanaman Toga, hingga mencoba menanam sayur atau buah.

Termasuk, menanam dengan aneka teknik yang ada. Misalnya, menanam dengan cara hidroponik.

Melansir dari laman Direktorat SMP, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kata hidroponik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, biasanya dikerjakan dalam kamar kaca dengan menggunakan medium air yang berisi zat hara.

Ada cukup banyak jenis tanaman yang bisa ditanam menggunakan metode hidroponik ini, contohnya seperti bayam, kangkung, selada, kailan, pakcoi, seledri, daun bawang, caisim, cabai, tomat, paprika, stroberi, melon, semangka, dan lain-lain.

Baca juga: Akademisi IPB Ungkap 30.000 Tanaman Bisa Dijadikan Bisnis Jamu

Selain itu, budidaya tanaman dengan metode hidroponik juga mempunyai berbagai keunggulan, yakni tidak membutuhkan lahan yang luas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga cocok dengan kondisi pemukiman perkotaan atau wilayah dengan keterbatasan lahan, penggunaan pupuk yang lebih hemat, penggunaan air lebih sedikit, bebas dari hama dan penyakit, proses pertumbuhan yang relatif cepat, dan harga jual yang lebih tinggi.

Namun bila kamu hendak mencoba budidaya tanaman hidroponik di rumah, terdapat 4 unsur penting yang harus diperhatikan agar tanaman hidroponik tumbuh dengan baik. Unsur-unsur yang penting diperhatikan yaitu:

1. Larutan nutrisi

Larutan nutrisi merupakan hal penting dalam metode hidroponik. Hidroponik mengandalkan nutrisi dari larutan nutrisi yang dibuat dengan cara melarutkan garam-garam pupuk dalam air dengan unsur pH berkisar 5,5 – 7,5.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.