KILAS

Hadiri Acara Kelulusan “Bangkit 2021”, Mendikbud Ristek Minta Peserta Sebarkan Kemampuan Ini

Kompas.com - 15/07/2021, 20:14 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim dalam agenda kelulusan program ?Bangkit 2021? dalam kanal YouTube Ditjen Dikti, Kamis (15/7/2021). DOK. YouTube Ditjen DiktiMenteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim dalam agenda kelulusan program ?Bangkit 2021? dalam kanal YouTube Ditjen Dikti, Kamis (15/7/2021).

KOMPAS.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim berpesan kepada semua peserta program “Bangkit 2021” untuk berani mencoba hal-hal baru.

“Ketika teman-teman sudah keluar dari program Bangkit, sadari itu dan sebarkan kemampuan dan kemauan untuk mengambil risiko, mencoba hal-hal baru, banyak bertanya, banyak mencoba, dan banyak berkarya,” pesan Nadiem dalam agenda kelulusan Bangkit 2021 yang digelar virtual melalui kanal YouTube Google Indonesia dan Ditjen Dikti, Kamis (15/7/2021).

Ia menuturkan, Bangkit 2021 yang diselenggarakan Google merupakan program yang sesuai dan selaras dengan spirit “Kampus Merdeka” dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Bangkit ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi program di Kampus Merdeka yang membuat kita semua bangga karena jumlahnya sangat besar dan para lulusan yang hebat-hebat. Saya sudah sering berbicara dengan mereka semua,” kata Nadiem.

Baca juga: Nadiem Tegaskan Fokus Utama Riset Kementeriannya Ada di Universitas

Menurut dia, adanya program Bangkit itu juga diharapkan dapat menjangkau lebih banyak peserta dari luar Jawa, sehingga solusi-solusi berbasis teknologi bagi masyarakat bisa tercipta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Semoga inovasi berbasis teknologi ini nantinya dapat memberikan lompatan besar dan menjadikan Indonesia sebagai pemain global tangguh pada masa depan,” harapnya.

Lebih lanjut, Nadiem mengucapkan selamat kepada para peserta yang lulus. Ia berpesan kepada semua peserta untuk menyampaikan gerakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di kampus masing-masing.

Sebagai informasi, pada Kamis (15/7/2021), Google resmi meluluskan 2.250 mahasiswa dari 250 universitas yang mengikuti program “Bangkit 2021”. Semua peserta lulus setelah menyelesaikan 700 kursus yang berlangsung selama enam bulan.

Baca juga: Tantangan Terbesar dalam Hidup Nadiem Makarim...

Khusus tahun ini, para peserta menyelesaikan materi kursus satu semester atau setara dengan 20 sistem kredit semester (SKS).

Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf mengungkapkan, syarat untuk bisa lolos dari program Bangkit tidaklah mudah.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.