Kompas.com - 17/07/2021, 10:48 WIB
ilustrasi daging sapi di freezer. SHUTTERSTOCK/Creativa Imagesilustrasi daging sapi di freezer.
|

KOMPAS.com - Banyak diantara masyarakat bertanya apakah daging kurban dicuci terlebih dahulu atau tidak sebelum disimpan?

Jika penasaran, maka berikut ini penjelasan dari ahli gizi RSA UGM, Pratiwi Dinia Sari, S.Gz. Informasi dilansir dari laman RSA UGM, 4 September 2017.

Perlu diketahui bahwa pada proses penyembelihan, pengulitan dan pemotongan daging menjadi bagian yang lebih kecil memungkinkan kuman menempel di permukaan daging.

Baca juga: Pakar Kuliner UGM: Indonesia Punya 104 Jenis Nasi Goreng

Karena itu disarankan daging tetap dicuci dan segera dimasak atau disimpan dalam frezeer dengan suhu dibawah 0 derajat celcius.

"Meletakkan daging yang telah dicuci di udara terbuka atau tidak langsung dimasak/disimpan beku akan menyebabkan bertambahnya kuman karena air merupakan media perkembangbiakan yang baik bagi kuman," terang Dinia.

Tips menyimpan daging

Untuk itu, dia memberikan tips menyimpan daging di kulkas yang baik:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pisahkan daging sapi dan daging kambing untuk menghindari kontaminasi silang dan juga menghindari bau khas kambing yang akan tercampur.

2. Pisahkan juga daging dan jeroan (hati, usus, ginjal dan babat). Jeroan hati perlu kita pisahkan karena hati cenderung basah dan dapat menyebabkan daging cepat membusuk.

3. Simpan daging per porsi masak, untuk memudahkan saat proses thawing (mencairkan daging beku). Dengan menyimpan daging per porsi masak, maka daging tidak perlu berulang kali mengalami proses thawing.

4. Daging yang keluar masuk kulkas untuk thawing dan dibekukan berulang-ulang akan kehilangan komponen-komponen penting dalam daging yang larut berkali-kali bersama air yang keluar sehingga mengakibatkan kandungan nutrisi daging akan jauh berkurang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.