Kompas.com - 21/07/2021, 06:41 WIB
Direktorat SD Kemendikbud Ristek memberikan informasi terkait apa yang harus dilakukan siswa saat bencana gempa bumi terjadi. Tangkap layar laman Direktorat SD Kemendikbud RistekDirektorat SD Kemendikbud Ristek memberikan informasi terkait apa yang harus dilakukan siswa saat bencana gempa bumi terjadi.
|

KOMPAS.com - Indonesia termasuk negara yang rawan terjadi beberapa bencana alam. Salah satunya bencana alam gempa bumi. Bahkan beberapa kali peristiwa gempa bumi di Indonesia menyebabkan korban jiwa yang tak sedikit.

Salah satu penyebab sering terjadi gempa bumi karena Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk dalam kawasan Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire.

Hal ini menyebabkan Indonesia menjadi daerah yang rawan terjadi bencana alam gempa bumi.

Pendidikan mitigasi bencana harus diajarkan sejak dini, anak-anak sekolah dasar (SD) perlu dibekali pengetahuan agar mereka mengetahui langkah yang harus dilakukan saat terjadi bencana alam.

Baca juga: Epidemiolog UGM Ungkap Herd Immunity di Indonesia Sulit Terbentuk

Dilansir dari laman Direktorat SD Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ada beberapa hal yang harus dilakukan siswa saat terjadi gempa bumi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yuk simak bersama informasi ini.

1. Tetap tenang

Hal pertama yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi adalah tetap tenang. Carilah tempat untuk berlindung dari reruntuhan contohnya meja di sekitar kelas.

2. Berlindung

Siswa bisa berlindung dengan cara menggunakan benda di sekeliling untuk melindungi kepala dan leher dari reruntuhan.

3. Bertahan

Saat siswa berlindung di bawah meja, bertahanlah sambil berpegangan sampai guncangan berhenti.

Saat gempa bumi terjadi, lindungilah kepala dari kemungkinan reruntuhan. Kamu bisa menggunakan beberapa alat ini untuk melindungi kepala, yaitu:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.