Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Fatih Salurkan 1.830 paket Daging Kurban untuk Masyarakat Aceh

Kompas.com - 23/07/2021, 17:59 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat Aceh menjadikan Idul Adha sebagai momen istimewa Hari Raya. Hal ini terlihat dari tradisi masyarakat Aceh yang sangat antusias dalam memaknai Perayaan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban secara bergotong royong.

Namun tahun ini semarak Idul Adha terasa sedikit berkurang akibat dari dampak pandemi Covid-19 yang tidak hanya berpengaruh pada sektor kesehatan namun juga ekonomi.

Kendati sekolah baru dimulai selama 2 pekan, Sekolah Fatih Bilingual School dan Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Acehn tidak ingin melewatkan momen suci dan sakral Idul Adha 1442 H.

Semangat Idul Adha yang muncul dari para siswa, orangtua, alumni, staf dan guru tahun ini justru menjadi motivasi tersendiri bagi Sekolah Fatih untuk menunaikan ibadah berkurban.

“Kami ingin mengawali tahun ajaran 2021-2022 dengan kegiatan yang baik yaitu pemotongan dan penyaluran daging kurban," ungkap Rezvaldin Mashanlo, Perwakilan Yayasan Fatih Bilingual School melalui rilis resmi (23/7/2021).

Rezvaldin menyampaikan, selain sebagai bentuk ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, kurban tahun ini memiliki nilai sosial dan kemanusiaan.

"Kurban adalah bentuk cinta kepada Allah SWT dan sesama. Hal ini juga menjadi momen yang tepat untuk menanamkan kepada para siswa mengenai rasa solidaritas dan empati kepada masyarakat yang terdampak pandemi," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, satu bulan terakhir para siswa dan guru melakukan beberapa kegiatan pendukung yang bisa dilakukan dalam rangka mensukseskan pemotongan kurban tahun ini seperti mengadakan bazar, donasi dan berbagai kegiatan untuk menggalang dana kurban.

Baca juga: Kuliah di Turki, Fauzul Mengaku Idul Fitri Tak Semeriah Idul Adha

Ringankan beban masyakat di tengah pandemi

"Alhamdulillah berkat dukungan luar biasa dari para siswa, orangtua, guru dan staf, jumlah hewan kurban dibagikan pada Idul Adha tahun ini sebanyak 21 ekor sapi dan 2 kambing dengan total 1.830 paket disalurkan kepada masyarakat Aceh," papar Mustafa Cakallioglu, Perwakilan Yayasan Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School.

Ia menambahkan, "kendali dalam kondisi pandemi, jika dibandingkan dengan tahun lalu jumlah hewan qurban Sekolah Fatih tahun ini mengalami peningkatan."

Tidak hanya siswa, orangtua, alumni, guru dan staf, Mustafa menyampaikan masyarakat sekitar sekolah Fatih pun antusias mendukung kegiatan Idul Adha 1442 H tahun ini dengan turut menyalurkan kurbannya melalui Sekolah Fatih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com