Kompas.com - 29/07/2021, 20:04 WIB
Ridwan Kamil dalam Peringatan Hari Anak Nasional 2021 Dok. Disdik JabarRidwan Kamil dalam Peringatan Hari Anak Nasional 2021

KOMPAS.com - Kebahagiaan tidak selalu tentang materi yang berlimpah, tapi terpenuhinya hal-hal dasar yang dibutuhkan anak.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) sekaligus Ketua Pembina Forum Anak Daerah Jabar, Ridwan Kamil mengimbau seluruh generasi pengatur, mulai dari pemangku kebijakan, kepala dinas, pengusaha hingga orang tua untuk belajar memahami dari sudut pandang anak.

"Bahagia anak karena sekolahnya lancar, bahagia karena waktu bermainnya cukup, bahagia anak karena curhat ke orang tua ada tempatnya, dan bahagia anak kalau main ada tempat untuk berkreasi. Jadi, itulah pentingnya hak anak, kuncinya bahagia," ungkap Ridwan Kamil dalam pembukaan peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Jabar Tahun 2021 yang digelar virtual, seperti dirangkum dari laman Disdik Jabar, Rabu (28/7/2021).

Untuk itu, pihaknya berkomitmen menjadikan Jabar menjadi yang terdepan dalam membawa kebahagiaan anak.

Baca juga: Digitalisasi Sekolah, Kemendikbud Ristek Dorong Produksi Laptop Merah Putih

"Salah satu kunci adalah rajinnya sistem kita turun ke bawah," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jangan selalu memandang ke atas atau bagaimana orang tua, tetapi kita harus lihat apa yang ada di hati anak-anak," imbuh dia.

Ridwan Kamil mengajak seluruh anak di Jabar untuk terus semangat mengikuti proses ujian hidup di masa pandemi dan disrupsi saat ini.

"Saya meyakini, kalau anak-anak kita berhasil melalui ujian ini, kalian adalah generasi paling hebat yang akan hadir di republik ini," ucapnya.

Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Jabar dirangkaikan dengan berbagai acara. Antara lain, peluncuran program Stop Perkawinan Anak Jabar (Stopan Jabar), Pengukuhan Pengurus Forum Duta Generasi Berencana (GenRe) serta pelantikan Ketua dan Anggota Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak Indonesia (ASPAI).

Hal senada juga disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Ia mengatakan pemangku kebijakan harus memprioritaskan anak dalam setiap pengambilan keputusan dan memberikan ruang aspirasi bagi anak.

Baca juga: Sering Bolos dan Balap Liar, tapi Usaha Ini Buat Esa Masuk Teknik ITB

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.