Kompas.com - 29/07/2021, 17:58 WIB
Salah satu mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) program studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Naufal Abdullah.
DOK. Humas Universitas Nusa Mandiri Salah satu mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) program studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Naufal Abdullah.

KOMPAS.com – Berani bermimpi dan mencoba banyak hal baru merupakan modal utama dalam meraih kesuksesan.

Ungkapan itu terbukti berlaku bagi salah satu mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) program studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Naufal Abdullah.

Naufal berhasil meraih penghargaan sebagai “1st The Best Position Paper (PostPap) of SOCHUM in International Model United Nations (IMUN) Online Conference 52.0”.

Penghargaan itu ia dapatkan lewat kompetisi Model United Nations (MUN) tingkat internasional yang diikuti 1116 delegasi lebih dari 60 negara secara daring pada Sabtu (10/4/2021) hingga Minggu (11/4/2021) lalu.

Baca juga: Cerita Muflih Dwi Fikri, Mahasiswa UNS yang Raih Penghargaan Kompetisi MUN di Paris

Kompetisi MUN merupakan simulasi sidang konferensi United Nations atau Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) bagi para pelajar, mahasiswa, dan pemuda secara umum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama mengikuti kompetisi, para peserta berperan sebagai diplomat yang mewakili suatu negara dalam menyelesaikan permasalahan global.

“Semua peserta menjadi representasi sebuah negara untuk membahas mengenai isu-isu internasional. Pembahasan itu harus sesuai dengan prosedur dan aturan-aturan sidang PBB,” ujar Naufal dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (29/7/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan melalui metode diskusi, diplomasi, dan negosiasi.

Baca juga: BTS Ditunjuk Jadi Utusan Khusus Presiden untuk Diplomasi Publik

Tujuannya, kata Naufal, untuk mendapatkan sebuah resolusi atas permasalahan-permasalahan sesuai dengan topik atau isu pembahasan yang ada.

Untuk diketahui, IMUN merupakan sebuah organisasi internasional yang telah diakui oleh beberapa badan khusus PBB.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.