Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2021, 15:04 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Keluarga bahagia adalah setiap orang di dalam keluarga itu hidup bahagia dan harmonis. Terlebih orangtua dengan anaknya.

Salah satu kuncinya ialah orangtua harus dekat dengan anaknya. Meski orangtua bekerja dan sibuk, tetapi orangtua wajib memberikan kasih sayang pada anak.

Dengan sedikitnya waktu bersama si buah hati, terkadang membuat orangtua terasa jauh saat bertemu dengannya.

Baca juga: 6 Cara Membangun Kecintaan Anak terhadap Buku

Bahkan, disaat liburan, dengan maksud ingin bermain dan dekat, buah hati kita acuh dan memilih bermain dengan pengasuh atau kakek neneknya.

Melansir laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud Ristek, berikut 7 tips agar orangtua dekat dengan anak.

1. Jangan membawa masalah dari luar ke dalam rumah

Seandainya di tempat kerja mungkin ayah dan bunda stres dengan setumpuk kerjaan dan masalah di kantor, tapi jangan bawa dan sisakan rasa lelah dan stres tersebut saat berada di rumah.

Saat tiba di rumah kita wajib datang dengan bahagia di depan anak, karena hal itu akan membuat anak Anda senang dibanding memasang wajah marah dan lelah. Ingatlah, anak sudah menunggu kehadiran Anda sepanjang hari.

2. Coba luangkan waktu untuk dengar cerita anak

Meski dengan waktu yang terbatas, tentunya Ayah dan Bunda harus menyempatkan waktu untuk dapat mengajak buah hati berbicara, bisa saat makan bersama atau menjelang anak tidur.

Sebagai contoh, kita dapat menanyakan pengalaman si kecil hari ini. “Apa yang membuat seru hari ini? Atau apa yang membuatmu sedih hari ini ?”.

Selain bertanya, kita juga dapat menceritakan pengalaman kita di hari itu. Dengan kita mengajaknya berbicara, baik tentang dirinya atau diri kita, dapat membuat buah hati kita merasa penting dan keberadaanya dihargai.

3. Cari kegiatan untuk waktu bersama

Ayah dan bunda perlu menyisihkan waktu setiap minggu untuk berkumpul bersama buah hati, bermain bersama, atau sekedar menonton film kesukaan anak, serta dapat juga pergi ke luar rumah bersama-sama.

Dengan adanya waktu khusus bersama keluarga, anak-anak akan merasa lebih dicintai dan merasakan keberadaan orang tua didekatnya.

Baca juga: 12 Cara Atasi Anak Susah Makan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com