Kompas.com - 03/08/2021, 16:04 WIB
Ilustrasi Denmark - Para pesepeda di Kopenhagen. SHUTTERSTOCKIlustrasi Denmark - Para pesepeda di Kopenhagen.

KOMPAS.com - Meningkatnya jumlah penduduk diiringi dengan kebutuhan hidup yang kian meningkat menjadi salah satu pemicu semakin banyaknya sampah hingga polusi udara di tiap negara.

Itulah mengapa predikat sebagai negara paling bersih di dunia bisa menjadi salah satu capaian tersendiri, terutama bagi 10 negara yang oleh World Population Review 2021 dinobatkan sebagai negara paling bersih di dunia.

Merangkum laman platform edukasi Kelas Pintar, Selasa (3/8/2021), para peneliti Universitas Yale dan Universitas Columbia bekerja sama dengan Forum Ekonomi Dunia berhasil mencatatkan beberapa negara sebagai yang paling bersih di dunia.

Pengukuran tingkat kebersihan dan keramahan lingkungan ini mengikutsertakan lebih dari 180 negara di seluruh dunia dengan mengukur The Environmental Performance Index (EPI) atau Indeks Kinerja Lingkungan.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

EPI menetapkan 24 indikator kinerja di sepuluh kategori yang mencakup kesehatan lingkungan dan vitalitas ekosistem. Kategori ini meliputi kualitas udara, air dan sanitasi, keanekaragaman hayati, serta keberlanjutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Faktor-faktor tersebut dipercaya para peneliti merupakan dasar yang sangat mempengaruhi kesehatan manusia.

Mereka mencatat, negara-negara dengan tingkat polusi tinggi cenderung mengalami tingkat penyakit tidak menular yang tinggi. Terhitung 72 persen dari semua kematian, 16 persen disebabkan oleh polusi beracun.

Berikut adalah daftar negara paling bersih di dunia yang dikeluarkan oleh World Population Review 2021:

1. Denmark

Peringkat pertama negara paling bersih di dunia ditempati oleh Denmark dengan skor EPI 82,5. Negara ini memiliki beberapa kebijakan terbaik untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim, sehingga dipercaya memiliki kualitas udara yang tinggi serta kaya akan keanekaragaman hayati.

Baca juga: 5 Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Denmark juga berfokus pada keberlanjutan dengan hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.