Kompas.com - 04/08/2021, 11:44 WIB
Ilustrasi Mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi Mahasiswa

KOMPAS.com - Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) memberikan tantangan bagi siswa dan mahasiswa dalam memahami pelajaran. Namun, sekaligus memberikan peluang karena ada banyak sumber belajar di internet yang bisa menambah ilmu pengetahuan.

Menggunakan google untuk mencari bahan belajar mungkin sudah biasa, namun ada trik "googling" agar materi yang didapatkan lebih tepat sasaran.

"Kalau bisa cara-cara Googling, hidup pasti akan jadi lebih mudah," tulis Quipper Campus melalui akun Instagram, Rabu (4/8/2021).

Berikut beberapa trik "googling" yang bisa digunakan untuk mencari bahan belajar:

Baca juga: Kuota Gratis Kemendikbud Ristek Diperpanjang, Berapa Besarannya?

1. Gunakan tanda kutip ("...")

Penggunaan tanda kutip bertujuan agar kata yang keluar di Google sama persis dengan kata yang diketik di mesin pencarian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya, saat ingin mencari sejarah masuknya Islam di Indonesia, kamu bisa mencarinya dengan menuliskan "Sumber Sejarah dan Berita Masuknya Islam di Indonesia".

2. Gunakan tanda minus (-) untuk mengecualikan kata-kata

Menggunakan tanda minus di depan sebuah kata akan membuat kata itu tidak akan tampil di hasil pencarian.

Misalnya, ketika kamu sedang mencari materi vektor fisika dan tidak mencari vektor matematika, maka kamu bisa mengetik: vektor -matematika

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

3. Gunakan titik dua (:) untuk mencari hanya di situs tertentu

Saat mencari bahan melalui google, maka mesin pencarian akan menampilkan banyak opsi dari berbagai sumber. Namun, bila kamu hanya ingin menggunakan sumber dari situs tertentu, maka kamu bisa menuliskan "site" dan lambang titik dua.

Saat kamu mencari materi tentang stoikiometri misalnya, namun hanya ingin mencari materi tersebut di laman Quipper, maka kamu bisa mengetik: stoikiometri site:quipper.com.

4. Pakai tanda bintang (*) untuk mencari kalimat dengan beberapa kata yang hilang

Ini bisa kamu gunakan untuk mengetik materi yang panjang namun kamu tidak hafal atau tidak yakin dengan kata-katanya, maka kamu bisa menggantinya dengan tanda bintang.

Misalnya, kamu mau googling sila keempat Pancasila, kamu bisa mengetik: kerakyatan yang * oleh hikmat *

Baca juga: 5 Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.