Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2021, 07:48 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Survei Bank Indonesia pada Maret 2021 menemukan bahwa 27,6 persen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menunjukkan peningkatan penjualan.

Sementara 72,4 persen lainnya mengalami penjualan yang stabil karena adanya strategi pemasaran digital.

Guna mendukung pelaku usaha UMKM bertahan di tengah pandemi, TikTok telah merampungkan rangkaian kelas online #MajuBarengTikTok yang berlangsung sepanjang bulan Juni dan berhasil menjangkau lebih dari 12.000 pelaku usaha UMKM di Indonesia.

Sebagai kelanjutan dari program pemberdayaan UKM ini, TikTok memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis lainnya untuk mengakses semua materi.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Materi pemberdayaan #MajuBarengTikTok yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja ini terbagi ke dalam rangkaian topik yang secara holistik merangkum proses digitalisasi pengembangan bisnis online.

Topik-topik tersebut antara lain Pengenalan ke Bisnis Online dan Toko Online, Media Sosial dan Platform Digital, Strategi Digital Marketing, Praktik Terbaik Konten Kreatif, Pengenalan TikTok untuk UKM, Pembuatan Konten Kreatif, hingga langkah dan tips untuk mulai beriklan di TikTok.

Berbagai topik tersebut disampaikan oleh pemateri yang merupakan para ahli di bidang pemasaran, yang dapat diserap dan diterapkan oleh para peserta.

Head of SMB TikTok Indonesia, Pandu Nitiseputro menyampaikan bahwa pendampingan berkala pada UKM merupakan hal penting untuk mendukung mereka bisa go digital.

"Semenjak peluncuran solusi bisnis melalui TikTok for Business tahun lalu, kami melihat ada banyak UKM yang tumbuh di TikTok. Mereka terhubung dengan komunitas TikTok dengan menyampaikan kisah brand (storytelling) secara yang otentik,” ujar Pandu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (4/8/2021).

Baca juga: 10 Negara Paling Bersih di Dunia 2021, Seperti Ini Kualitasnya

Oleh karena itu, lanjut dia, program #MajuBarengTikTok dipersembahkan agar fitur dan layanan untuk para pelaku bisnis bisa dimanfaatkan secara efektif, sehingga mereka dapat menjangkau pasar dengan lebih luas lagi

Salah satu peserta mengaku bahwa fitur materi yang disajikan di kelas Maju Bareng TikTok telah memberikan banyak inspirasi di bidang digital marketing.

"Program ini luar biasa membuka wawasan saya tentang pentingnya digital marketing di era pandemi seperti sekarang. Pemateri yang hadir juga luar biasa, materi mudah dipahami, overall keren!," kata Pipit Indriani, pemilik bisnis Juragan Seuhah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com