Kompas.com - 13/08/2021, 15:16 WIB
Ilustrasi UMKM yang beradaptasi di era digital. ShutterstockIlustrasi UMKM yang beradaptasi di era digital.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang mengharuskan mahasiswa kuliah dari rumah, ternyata memberikan sejumlah peluang, salah satunya peluang usaha di tengah pesatnya promosi digital.

Bagi mahasiswa, manfaat menjalankan bisnis tak sekadar mencari uang saku tambahan, namun juga bisa mengasah keterampilan berbisnis. Terlebih bagi kamu mahasiswa yang memang berkuliah di jurusan bisnis.

Kamu bisa mulai berbisnis sendiri atau mengajak teman-teman lain untuk membangun usaha bersama. Merangkum laman Quipper Campus, Jumat (13/8/2021), berikut ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa dilakukan di waktu luang kuliah:

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

1. Tutor online

Aktivitas mengajar sebagai guru les tampaknya sudah tidak asing lagi di kalangan mahasiswa sejak bertahun-tahun yang lalu.

Hasil dari kegiatan menjadi tutor ini bisa dibilang lumayan, makin banyak siswa yang diajar maka makin banyak juga bayaran yang diterima.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, dengan memanfaatkan teknologi internet maka jangkauan siswa yang bisa diajar juga semakin luas. Kamu bisa bergabung dengan salah satu platform yang menyediakan jasa tutor online atau membangun bisnis sendiri yang menyediakan jasa bimbingan belajar.

2. Mengajar bahasa

Kebutuhan terhadap peningkatan kemampuan berbahasa asing semakin tinggi di era sekarang ini. Dengan kemampuan berbahasa asing yang baik akan semakin membuka peluang mendapat kesuksesan yang lebih. Itulah alasan kenapa banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk mampu berbahasa asing dengan baik.

Peluang ini bisa banget dimanfaatkan oleh mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa asing untuk mengajar bahasa, entah via online atau membuka lembaga kursus.

Baca juga: Mahasiswa Ingin Magang di Perusahaan Ternama? Daftar Program Kemendikbud Ristek Ini

3. Camilan unik

Jualan camilan bisa menjadi salah satu peluang bisnis apalagi dengan segmen pasar mahasiswa. Meski tidak termasuk kebutuhan pokok, tapi camilan selalu dicari-cari mahasiswa apalagi kalau sedang mengerjakan tugas yang numpuk.

Untuk mempromosikan bisnis ini, kamu bisa mulai dengan memperkenalkan ke teman-teman sekelas lalu teman-teman organisasi, komunitas, dan perlahan akan merambah ke seluruh kampus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.