Kompas.com - 13/08/2021, 12:43 WIB
Ilustrasi tsunami ShutterstockIlustrasi tsunami

KOMPAS.com - Indonesia dan Jepang menjadi negara yang paling banyak mencatat korban jiwa akibat hantaman gelombang pasang tsunami dalam sejarah peradaban manusia.

Meski begitu, tsunami Samudra Hindia pada 26 Desember 2004 merupakan yang paling mematikan. Tsunami ini dipicu gempa di kedalaman 30 km di lepas pantai Sumatra.

Berkekuatan 9,1-9,3 SR, gempa ini tercatat sebagai salah satu yang terbesar, sementara gelombang yang menyusul setelahnya menjadi salah satu tsunami paling mengerikan dan mematikan di dunia.

Dalam peristiwa yang memilukan ini, setidaknya merenggut 280.000 korban jiwa di 14 negara dan menenggelamkan sejumlah permukiman pesisir. Indonesia sendiri menjadi negara yang terdampak paling parah, bersama Sri Lanka, India, dan Thailand.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

Tsunami dapat terjadi karena banyak hal, dari perpindahan air yang signifikan di lautan atau danau, pergerakan lempeng tektonik di bawah dasar laut selama gempa bumi, hingga letusan gunung berapi, ukiran glasial, dampak meteorit atau tanah longsor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari segi dampak, tak melulu mematikan. Meski begitu, sejarah mencatat tak sedikit tsunami yang telah merenggut nyawa banyak orang dan meluluhlantakkan satu atau banyak wilayah.

Merangkum platform edukasi Kelas Pintar, Jumat (13/8/2021), selain tsunami Sumatera di Indonesia, berikut 6 (enam) tsunami paling mengerikan di dunia melansir laman Australiangeographic:

1. Pantai Pasifik Utara, Jepang (11 Maret 2011)

Tsunami dahsyat dengan kecepatan 800 km per jam dengan gelombang setinggi 10m menyapu pantai timur Jepang, dan menewaskan lebih dari 18.000 orang.

Tsunami ini dipicu oleh gempa berkekuatan 9,0 SR yang mencapai kedalaman 24,4 km – menjadikannya gempa terbesar keempat yang pernah tercatat.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Guncangan hebat ini juga mengakibatkan keadaan darurat nuklir, di mana pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi mulai mengeluarkan uap radioaktif.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.