Kompas.com - 27/08/2021, 10:10 WIB
Ilustrasi makanan sehat. SHUTTERSTOCK/Tatjana BaibakovaIlustrasi makanan sehat.
|

KOMPAS.com - Saat pandemi ini, banyak orang berupaya menjaga kesehatan. Selain olahraga teratur, asupan makanan bergizi juga penting.

Tentu, hal ini sebagai upaya pencegahan terjadinya penyakit Covid-19 maupun penyembuhan jika sudah terkena penyakit tersebut.

Dr. Mirza HST Penggalih, S.Gz., M.PH., RD dari Departemen Gizi Kesehatan FK-KMK UGM dalam bincang santai RAISA Radio memberikan tips memilih makanan sehat di masa pandemi.

Baca juga: Mahasiswa UGM Kembangkan Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Menurutnya, penerapan pola makan yang baik dan benar itu sebetulnya dengan menerapkan prinsip gizi seimbang dan isi piringku seperti yang sudah diatur juga oleh pemerintah.

"Jadi, isi piringku itu menggambarkan mengenai anjuran porsi dalam setiap kali makan," ujarnya seperti dikutip dari laman FK-KMK UGM, Kamis (26/8/2021).

Dalam sekali makan jumlah porsi sayuran dan buah sebanding dengan porsi nasi ditambah lauk-lauk. Dengan rincian piring berisi 1/3 porsi lauk pauk dan 2/3 porsi makanan pokok. Sebagian lagi 1/3 porsi buah dan 2/3 porsi sayur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aturan tersebut juga diharapkan tetap bisa dilakukan saat seseorang sedang isoman atau terjangkit penyakit virus Covid-19.

Namun memang saat virus tersebut masuk ke dalam tubuh, indra perasa sering hilang sehingga nafsu makan turun dan mengakibatkan tubuh kekurangan energi dan lemas.

Meskipun nafsu makan sering turun saat terjangkit virus Covid-19, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

1. Pertama, mencoba memilih makanan yang memiliki rasa manis dan asam, karena makanan tersebut biasanya memiliki rasa yang kuat dan sedikit bisa membangkitkan nafsu makan pasien.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.