Kompas.com - 30/08/2021, 17:15 WIB
Teh daun kelor ShutterstockTeh daun kelor

KOMPAS.com - Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair), Prof Mangestuti Agil menyampaikan pola hidup sehat di tengah pandemi Covid-19 bisa dicapai dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang mudah didapat.

Ia mengatakan, untuk menjaga kesehatan tubuh tidak selalu bergantung pada suplemen atau vitamin yang mahal. Ada sejumlah bahan herbal yang bisa dimanfaatkan.

Pemanfaatan rempah untuk menjaga kesehatan, lanjut dia, salah satunya jahe yang memiliki kandungan zat yang bersifat antioksidan dan antiradang.

"Jahe juga memegang peranan penting bagi kesehatan otak dan menurunkan nyeri pada artritis," paparnya dalam webinar berjudul “Pemanfaatan Bahan Kimia Alam Dalam Pemeliharaan Kesehatan Menghadapi Pandemi Covid-19” seperti dirangkum dari laman Unair News, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Selain jahe, rempah lain yang bisa digunakan seperti kunyit juga memiliki banyak manfaat Kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prof Mangestuti mengatakan kunyit mampu menunjang fungsi sistem imun, membantu mendapatkan Kesehatan Sistem kardiovaskuler, memberikan perlindungan sebagai antioksidan yang poten, memperbaiki kesehatan otak, dan melindungi dari Alzheimer.

Sementara itu, bawang merah, bawang putih, ketumbar, pala, jinten hitam, lada hitam, kayu manis, dan masih banyak rempah lainnya juga bermanfaat bagi kesehatan.

Sifat antioksidan yang dimiliki hampir semua rempah dapat menjaga tubuh dari radikal bebas.

“Di Kabupaten Sumba Timur, terdapat rempah herbal yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan, yaitu Moringa oleifera atau kelor. Untuk wilayah Nusa Tenggara Timur ada tanaman Morinda citrifolia atau noni,” ujar Prof. Mangestuti.

Kelor digunakan untuk mengatasi malnutrisi di negara lain seperti Afrika. Daun kelor kaya dengan kandungan beta-carotene, vitamin C, vitamin E, dan polifenol menjadikannya sebagai sumber alami antioksidan.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.