Kompas.com - 06/09/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi anak mengikuti pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. iStock/staticnak1983Ilustrasi anak mengikuti pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

KOMPAS.com - Sikap terbuka di dalam keluarga merupakan hal positif dan penting, perlu diterapkan sejak anak berusia dini, agar setiap anggota keluarga dapat saling mendukung dan membantu.

Namun, karena beberapa alasan, terkadang anak sulit bersikap terbuka kepada orangtua. Terlebih saat usia anak sudah remaja.

Bagaimana, ya, agar anak lebih terbuka kepada orang tua? Berikut sejumlah saran yang dirangkum dari laman Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek):

Baca juga: 5 Negara Paling Santai di Dunia, Indonesia Peringkat Pertama

1. Jangan memaksa

Posisikan diri sebagai teman dan tempat yang nyaman untuk berbicara. Bersikaplah tenang dan bangun suasana yang akrab terlebih dahulu. Usahakan tidak memaksa anak untuk bercerita saat itu juga bila ia belum mau bercerita.

Sikap tenang ini akan membuat anak merasa "aman". Biarkan anak merasa nyaman hingga akhirnya ingin berbagi cerita tanpa adanya tekanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Hindari kritik

Apa yang membuat anak cenderung lebih senang bercerita pada teman ialah karena teman umumnya mendukung, bukan mengkritik.

Dukungan emosional inilah yang membuat seseorang nyaman bercerita tentang apa yang dialaminya pada orang yang dipercaya.

Untuk membangun kenyamanan dan kepercayaan, hindari keseringan memberi kritik pada anak, karena akan membuat anak merasa enggan atau takut disalahkan.

Baca juga: Wings Group Buka 12 Lowongan Kerja untuk Lulusan D3-S1

Tak dipungkiri, salah satu hal yang tidak disukai anak, bahkan tak disukai oleh orang dewasa sekalipun, ialah kritik yang bernada menyalahkan.

Jadi, banyak-banyaklah mendengar dan menerima apa yang sedang anak alami dan rasakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.