Kompas.com - 08/09/2021, 12:04 WIB
Sejumlah murid menulis aksara Jawa dengan bimbingan guru di SD Katolik Frateran II, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (5/9/2020). Kegiatan yang diikuti perwakilan pelajar tersebut guna memperkenalkan budaya Jawa agar tetap lestari sekaligus memperingati Hari Aksara Internasional. ANTARA FOTO/PRASETIA FAUZANISejumlah murid menulis aksara Jawa dengan bimbingan guru di SD Katolik Frateran II, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (5/9/2020). Kegiatan yang diikuti perwakilan pelajar tersebut guna memperkenalkan budaya Jawa agar tetap lestari sekaligus memperingati Hari Aksara Internasional.

KOMPAS.com - Setiap 8 September, seluruh dunia memperingati Hari Aksara Internasional. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V Daring, aksara berarti sistem tanda grafis yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dan sedikit banyaknya mewakili ujaran.

Untuk memperluas pengetahuan, yuk ketahui aksara tertua, termuda, tersulit, terbanyak digunakan, terunik, dan terindah di dunia, melansir laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi:

1. Aksara tertua

Aksara Paku merupakan aksara tertua di dunia yang muncul sekitar 3.000 tahun lalu di lembah sungai Efrat dan Tigiris (sekarang Irak). Aksara tersebut dikembangkan oleh bangsa Sumeria dan menjadi cikal-bakal terciptanya seluruh aksara di dunia.

Baca juga: 10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

2. Aksara termuda

Aksara Hangeul yang dipakai oleh masyarakat Korea merupakan aksara termuda di dunia. Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong (1397-1450) pada 1443 masa Dinasti Joseon.

3. Aksara terindah

Aksara Burmese yang berasal dari Myanmar merupakan akasara terindah di dunia. Cara penulisannya searah dengan jarum jam dan dibuat dengan bentuk lingkaran. Aksara tersebut terdiri atas 33 huruf konsonan dan 8 huruf vokal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Aksara Hanacaraka (Jawa, Indonesia) menempati posisi ke-5 sebagai aksara terindah di dunia.

4. Aksara tersulit

Aksara tersulit di dunia adalah aksara Mandarin. Bahasa Mandarin memiliki beberapa dialek, baik Mandarin Tradisional, Mandarin Sederhana, dan Hanyu Piyin (Beifang Fangyan, dialek di Cina bagian utara). Setiap dialek memiliki aksara yang berbeda-beda.

Baca juga: Beasiswa 2021 untuk Siswa SD-SMP-SMA, Beri Bantuan Biaya Sekolah

5. Aksara terbanyak digunakan

Aksara Latin atau alfabet memiliki pengguna terbanyak di dunia. Pada sekitar 2.500 tahun lalu, alfabet digunakan oleh bangsa Semit.

Kemudian, aksara tersebut dikenal sebagai aksara Romawi hingga berkembang menjadi alfabet Inggris dengan 26 huruf yang digunakan sampai sekarang.

6. Aksara terunik

Aksara Thai yang dipakai di Thailand menjadi aksara terunik di dunia. Huruf konsonan dalam bahasa Thai ditulis secara mendatar dari kiri ke kanan, sedangkan huruf vokal ditulis di atas, bawah kiri atau kanan dari huruf konsonan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.