Kompas.com - 12/09/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi perguruan tinggi
|

KOMPAS.com - Saat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, ada banyak sekali program studi (prodi) yang bisa dipilih.

Selain menyesuaikan bakat dan minat, calon mahasiswa juga mempertimbangkan prospek kerja setelah lulus dalam memilih suatu prodi.

Agar tidak semakin galau, berikut ada 5 jurusan yang mempunyai prospek kerja menjanjikan setelah lulus.

Melansir dari laman Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Sabtu (11/9/2021), berikut 5 jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja menjanjikan setelah lulus kuliah.

Baca juga: Unpar Buka Jalur Tanpa Tes bagi Mahasiswa Baru 2022, Simak Syaratnya

Adiministrasi Bisnis

Salah satu jurusan yang menjanjikan setelah lulus yakni Administrasi Bisnis. Saat memilih jurusan Administrasi Bisnis, kamu akan mempelajari semua seluk beluk tentang dunia bisnis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamu juga akan mempelajari, bagaimana mengelola keuangan, mengelola sumber daya, sampai pemasaran produk. Selain mendapatkan teori, biasanya ada pula program pengaplikasian teori tersebut melalui kegiatan KKN atau magang.

Prospek jurusan ini di dunia kerja meliputi staff administrasi, manajemen perusahaan, staff HRD, sampai staff pemasaran. Sehingga lulusan Administrasi Bisnis banyak dicari perusahaan karena mereka dinilai lebih mumpuni dalam bidang-bidang tertentu. Kamu juga bisa menjadi seorang konsultan bisnis andal atau membuka usaha sendiri.

Baca juga: Mahasiswa UM Surabaya Ingatkan Bahaya Pinjol Ilegal lewat Mural

Teknik Elektro

Di zaman sekarang, lulusan Teknik Elektro juga memiliki prospek kerja yang terbuka lebar. Apalagi semua kegiatan masyarakat saat ini tidak bisa terlepas dari elektronika.

Sehingga lulusan Teknik Elektro dibutuhkan oleh perusahaan maupun instansi lainnya. Cakupan teknik elektro sendiri cukup luas, seperti teknik komputer, telekomunikasi, listrik, dan sebagainya.

Materi-materi tersebut dipelajari semasa kuliah. Saat masuk di dunia kerja, lulusan Teknik Elektro memiliki kemampuan andal yang sesuai kebutuhan dalam bidang elektronika.
Pekerjaan yang membutuhkan lulusan Teknik Elektro biasanya perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan kelistrikan seperti PLN.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.