Kompas.com - 12/09/2021, 09:18 WIB
Menuju pelaksanaan Asesmen Nasional 2021, sejumlah sekolah memaparkan persiapan terkait infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), hingga kesiapan dan sosialiasi kepada murid dan orangtua. DOK. KOMPAS.com/FERGANATA INDRA RIATMOKOMenuju pelaksanaan Asesmen Nasional 2021, sejumlah sekolah memaparkan persiapan terkait infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), hingga kesiapan dan sosialiasi kepada murid dan orangtua.
|

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah merilis Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Nasional (AN) 2021.

Dalam dokumen tersebut, tercantum bahwa Asesmen Nasional bagi peserta didik jenjang SMP akan dilaksanakan pada 4–7 Oktober 2021.

Mengingat Asesmen Nasional akan dilaksanakan berbasis komputer, apakah siswa SMP sudah mengetahui bagaimana mekanisme asesmen nasional dalam pengerjaan soal-soal AN menggunakan komputer?

Baca juga: Ikut AN 2021, Ini Tata Tertib Peserta Asesmen Nasional

Jika belum, simak tahapan pengerjaan soal AN 2021 yang dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Rabu (8/9/2021).

Laman login

1. Pada laman ini peserta wajib memasukkan username dan password yang didapat dari laman anbk.kemdikbud.go.id.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Pastikan username dan password sudah sesuai.

3. Setelah login pastikan membaca petunjuk pengerjaan soal dengan saksama pada kolom di sebelah kiri.

4. Setelah itu peserta diminta memasukkan nama, tanggal lahir, dan token pada kolom konfirmasi data peserta.

5. Untuk ANBK dengan sistem daring, token akan muncul pada pojok kiri atas. Sedang untuk moda semi daring, kode token tidak akan muncul melainkan didapat melalui proktor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.