Kompas.com - 12/09/2021, 07:04 WIB
Ilustrasi kanker prostat. ThinkstockIlustrasi kanker prostat.
|

KOMPAS.com - Berdasarkan sumber Prostate Cancer UK (lembaga penelitian kanker), satu dari delapan pria didiagnosis kanker prostat selama masa hidupnya.

Demikian diungkapkan dr. Agus Rizal A.H. Hamid, SpU(K), Ph.D., pada seminar gelaran Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) secara daring, Jumat (10/9/2021).

Menurutnya, kasus baru kanker prostat diproyeksikan bertambah sebanyak 24 kali per tahun di Inggris. Kanker prostat merupakan kasus kedua terbanyak di dunia untuk kanker padat (solid cancer).

Baca juga: Pasca Covid Muncul Fenomena Pikun dan Perilaku Aneh, Ini Penjelasan Dokter RSUI

Oleh karena itu, salah satu yang meng-endorse diadakannya bulan kesadaran kanker prostat sedunia adalah Urology Care Foundation.

"Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran terhadap risiko terjadinya kanker prostat dan dampak jika menderita kanker prostat," ujarnya seperti dikutip dari laman Universitas Indonesia (UI).

Dengan tagline kampanye #kenaliprostatmu yang diinisiasi oleh PT Astellas Pharma Indonesia pada 2021, bertujuan mendukung gerakan edukasi awam, agar semakin paham dan mau memeriksakan kesehatan prostat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada pria, prostat berfungsi memproduksi cairan semen, ukurannya sebesar kastanye (chestnut).

Faktor pemicu kanker prostat

Dijelaskan, ada beberapa faktor risiko yang memicu terjadinya kanker prostat, yaitu:

1. Usia (sebagian besar kanker prostat mungkin lebih dari 99 persen ditemukan pada mereka yang berusia di atas 50 tahun).

2. Ras dan etnis (etnis berwarna kulit hitam memiliki risiko lebih tinggi menderita kanker prostat, sedangkan etnis Asia memiliki risiko lebih rendah menderita kanker prostat).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.