Kompas.com - 15/09/2021, 07:14 WIB
Tanoto Foundation meluncurkan e-PINTAR untuk meningkatkan kompetensi guru di Indonesia.
Tangkap layar YouTube Tanoto FoundationTanoto Foundation meluncurkan e-PINTAR untuk meningkatkan kompetensi guru di Indonesia.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.comTanoto Foundation terus mendorong pengembangan kapasitas dan kualitas sekolah di Indonesia.

Untuk mewujudkan hal ini, Tanoto Foundation terus bertransformasi dengan meluncurkan e-PINTAR yang bisa diakses para guru dan kepala sekolah di Indonesia.

e-PINTAR merupakan program pelatihan berbasis digital Learning Management System (LMS) yang bisa dimanfaatkan guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi diri.

Pihak Tanoto Foundation menargetkan 50.000 guru bisa mengakses modul yang tersedia dalam e-PINTAR.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMK, D3, dan S1, Ayo Daftar

Transformasi pelatihan berbasis digital

CEO Global Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo mengatakan, Tanoto Foundation bertranformasi untuk membuat dampak lebih besar. Salah satu bentuk tranformasi dengan diwujudkannya e-PINTAR.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satrijo menjelaskan, sebelumnya Tanoto Foundation sudah memiliki program PINTAR yang fokus mendukung pemerintah meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekola. Program PINTAR, lanjut Satrijo, dimulai dengan format pelatihan konvensional dan telah menjangkau 20.000 guru SD dan SMP.

"Dengan adanya e-PINTAR yang merupakan sebuah platform pelatihan guru dan berbasis digital dan LMS yang bisa diakses oleh siapa saja, dari mana saja dan kapan saja," ujar Satrijo dalam acara peluncuran e-PINTAR yang digelar secara virtual, Selasa (14/9/2021).

Satrijo menekankan, program e-PINTAR ini tersedia tanpa biaya. Menurut dia, pengunaan sebuah sistem pelatihan berbasis digital tidak lepas dari kenyataan teknologi mengubah cara manusia bekerja.

"Teknologi menjadi alat bantu yang bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Penggunaan platfrom digital juga bisa memfasilitasi PJJ," tandas Satrijo.

Baca juga: PT Ultra Sakti Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3-S1 Fresh Graduate

Praktik baik e-PINTAR bisa digunakan secara luas

Sebelum pandemi, Tanoto Foundation sudah mencari ruang yang bisa menghadirkan teknologi untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran di Indonesia. Digitalisasi bukan hanya sekedar ruang kelas virtual tapi juga inisiatif lainnya seperti menyediakan sumber belajar untuk siswa, materi pembelajaran untuk guru dan pelatihan guru digital.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.