Kompas.com - 14/09/2021, 17:42 WIB
Ilustrasi api pada kompor gas. Warna api dari kompor gas berwarna biru dan oranye. SHUTTERSTOCK/FOTOCUISINETTEIlustrasi api pada kompor gas. Warna api dari kompor gas berwarna biru dan oranye.
|

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) berinovasi. Yakni membuat produk bahan bakar kompor portable yang aman, ekonomis dan ramah lingkungan berbasis bioetanol.

Bahkan produk dari tim bernama Energel ini lolos untuk mengikuti inkubasi startup global yang diselenggarakan oleh Nexus.

Kegiatan ini merupakan inkubasi bisnis yang bertujuan untuk menghasilkan calon startup unicorn energi pintar & terbarukan di seluruh dunia.

Baca juga: Limbah Makanan dan Ternak Jadi Pupuk Bio Organik oleh Mahasiswa UB

Pengembangan startup khususnya di bidang energi pintar dan terbarukan ini menjadi salah satu agenda penting untuk menciptakan pengusaha-pengusaha yang dapat mengembangkan dan mengimplementasikan energi pintar dan terbarukan di seluruh dunia.

Lolos seleksi program inkubasi

Melansir laman Unnes, Selasa (14/9/2021), Tim Energel telah melewati berbagai tahapan seleksi sebelum terpilih menjadi 5 besar tim yang lolos dalam program ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun 5 tim yang lolos ini merupakan startup-startup yang bergerak dan telah menjalankan bisnisnya di bidang energi pintar dan terbarukan di Indonesia.

Tim Energel dinyatakan lolos pada 7 September 2021 untuk mengikuti inkubasi yang akan diselenggarakan selama 3 bulan ke depan secara daring yaitu September hingga Desember 2021.

Untuk bentuk inkubasi terdiri dari beberapa program, yaitu Lauch, Accelerate dan Fund. Semua program ini dirancang untuk mempersiapkan Energel untuk mengembangkan bisnis di bidang energi pintar dan terbarukan.

Antara lain, menjalankan strategi pemasaran, menyediakan akses ke jaringan lokal dan internasional, dan terhubung dengan calon investor dan mitra bisnis strategis.

Baca juga: Mahasiswa UGM Inovasi Limbah Masker Medis Jadi Bahan Organik

Produk bahan bakar kompor portable ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam penerapan bahan bakar pintar dan terbarukan di Indonesia untuk mewujudkan ketahanan energi nasional.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.