Kompas.com - 15/09/2021, 10:21 WIB
Forum CKD dilaksanakan pada tanggal 21-22 Agustus 2021 sekaligus untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-76 dengan tema ?Tanggap Pandemi: Kolaborasi Lintas Ilmu untuk Inovasi dan Resiliensi?. DOK. FORUM CKDForum CKD dilaksanakan pada tanggal 21-22 Agustus 2021 sekaligus untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-76 dengan tema ?Tanggap Pandemi: Kolaborasi Lintas Ilmu untuk Inovasi dan Resiliensi?.

KOMPAS.com - Indonesia sejatinya tak kekurangan sumber daya ilmuwan dengan riset terbarukan yang mengharumkan nama bangsa. Sudah banyak anak bangsa yang tersebar di belahan dunia turut memajukan bidang ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat dunia.

Pada tahun 2016 hingga 2019, Kemenristek berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri, Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) dan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) menyelenggarakan program Visiting World Class Professor (tahun 2016) dan Simposium Cendekia Kelas Dunia (SCKD, tahun 2017 hingga 2019).

Pada acara ini, telah tercipta berbagai macam kolaborasi dan kerjasama yang positif baik antar ilmuwan maupun antar institusi terkait.

Adanya pandemi Covid-19 yang masih berlanjut di tahun 2021 masih tidak menyurutkan semangat para ilmuwan untuk terus memberikan kontribusi positif kepada untuk Indonesia.

Produktif dan kolaboratif, itulah yang menjadi semangat para ilmuwan Indonesia baik dalam negeri maupun diaspora sepanjang pandemi berlangsung.

Sejak tahun 2020, Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) dan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) menggelar kegiatan "Forum Cendekia Kelas Dunia (Forum CKD)" secara daring menggunakan media Zoom maupun kanal Youtube I-4 Media sebagai wadah untuk berkolaborasi memajukan budaya riset di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun ini, Forum CKD dilaksanakan pada tanggal 21-22 Agustus 2021 sekaligus untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-76 dengan tema “Tanggap Pandemi: Kolaborasi Lintas Ilmu untuk Inovasi dan Resiliensi”.

Forum ini telah diikuti oleh lebih dari 300 ilmuwan Indonesia dari berbagai bidang ilmu.

Baca juga: Kiat Sukses Indra Rudiansyah Jadi Peneliti Muda di Balik Vaksin AstraZeneca

Pada hari pertama, acara dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana, dilanjutkan dengan opening speech Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

Dalam pidatonya, Menkes menjelaskantentang lima komponen yang harus bersinergi untuk penciptaan ekosistem riset dan inovasi. Kelimanya adalah kerangka regulasi, pendanaan yang mendukung integrasi ilmu, institusi pendukung, akuntabilitas pemerintahan dan pengembangan SDM.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.