Kompas.com - 16/09/2021, 17:27 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Berawal dari keinginan untuk memberi kontribusi nyata terhadap penanganan Covid-19, mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) bernama Rio Arya Putra Mahendra tergerak menjadi relawan vaksinasi Covid-19.

Mahasiswa yang akrab dipanggil Rio itu bergabung menjadi relawan Covid-19 sejak bulan Juli 2021 hingga sekarang.

Baca juga: Kiat Albarr, Mahasiswa 15 Tahun Kuliah di Fakultas Kedokteran Unair

"Untuk pertama kali bergabung sekitar bulan Juli dan untuk sampai kapannya itu tidak ditentukan, akan tetapi bebas mau mengambil atau tidak jika ada tugas, jadi seperti part time gitu," kata dia melansir laman Unair, Kamis (16/9/2021).

Program relawan vaksinasi Covid-19 berada di bawah naungan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unair. Program itu terbagi menjadi dua shift, yaitu pagi dan siang yang bertempat di Grand City Surabaya.

Rio mengungkapkan, warga Surabaya sangat antusias untuk melakukan vaksinasi Covid-19, tercatat sebanyak 300 peserta yang mendapat vaksin setiap harinya.

"Alhamdulillah semakin banyak yang tervaksin akan secara langsung membentuk herd immunity," kata pria yang kuliah di Fakultas Kedokteran (FK) Unair.

Lanjut Rio bercerita, sebenarnya sangat banyak tenaga kesehatan Unair yang mengikuti program menjadi relawan vaksinasi Covid-19.

Seperti sivitas akademika Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

"Banyak mahasiswa yang ikut mulai dari angkatan 2020 sampai angkatan senior, profesi, sampai yang sudah bekerja, tetapi tetap disesuaikan kemampuan dan jobdesk yang ada," jelas dia.

Baca juga: Guru Besar Unpad: Praktik Kartel Dalang Utama Kenaikan Harga di Pasar

Banyak pihak menjadi relawan vaksinasi Covid-19

Rio dan relawan lain tidak sendiri saat melakukan vaksinasi Covid-19, mereka berkolaborasi dengan puskesmas setempat guna lancarnya acara.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.