Kompas.com - 18/09/2021, 15:05 WIB
Ilustrasi mahasiswa kembali mengikuti perkuliahan secara tatap muka. DOK. PEXELSIlustrasi mahasiswa kembali mengikuti perkuliahan secara tatap muka.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebagian siswa kelas 12 memilih kuliah di jenjang di D3 untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus sekolah.

Biasanya pendidikan D3 dipilih karena waktu studi yang lebih pendek dan bisa langsung mencari pekerjaan sesuai bidang ilmunya.

Namun ada juga mahasiswa D3 yang ingin melanjutkan ke jenjang sarjana. Dengan menempuh pendidikan jenjang S1 membuka peluang yang lebih luas untuk karier kedepannya.

Selain memilih program lanjutan dari D3 ke S1 di dalam negeri, ternyata ada program ekstensi D3 ke S1 di luar negeri yang bisa dipilih.

Baca juga: Kreatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Media Pembelajaran bagi Anak Tunanetra

Mencari kampus yang memiliki program alih jenjang atau ekstensi memang tidak mudah. Apalagi jika kamu ingin memilih kampus di luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir dari laman ican-education.com, Sabtu (18/9/2021), ada beberapa universitas luar negeri yang menawarkan program ekstensi D3 ke S1.

Beberapa negara menawarkan program ini bagi para siswa yang ingin melakukan alih jenjang. Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

Negara yang menyediakan program ekstensi D3 ke S1

1. New Zealand

New Zealand menawarkan program D3 lanjut S1 dengan mengenyam perkuliahan selama satu tahun. Mahasiswa di negara ini juga bisa mendapatkan double degree.

Mahasiswa bisa mendapatkan gelar Diploma level 7 di New Zealand dan gelar S1 dari universitas di Inggris. Hal ini bisa dilakukan jika kampus tujuan kamu memiliki kerja sama dengan Inggris.

Baca juga: Wapres: Izin Orangtua Jadi Faktor Penting Pelaksanaan PTM Terbatas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.